Home / Headline / Buka Musrenbang Tingkat Kecamatan, Bupati fokus Pengembangan SDM

Buka Musrenbang Tingkat Kecamatan, Bupati fokus Pengembangan SDM

Maros – Sebagai cikal bakal Penyusunan APBD TA 2021, Pemerintah Kabupaten Maros kali ini mengawali rangkaian kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kecamatan di Aula Kantor Camat Bantimurung, Selasa (04/02/2020).

Hadir pada acara ini Wakil Bupati  HA Harmil Mattotorang, Ketua DPRD Maros  HA Patarai Amir, Sekda  A Davied Syamsudin, para Kepala OPD dan para tamu undangan lainnya.

Kegiatan diawali Pengguntingan Pita oleh Bupati menandai peresmian penggunaan Gedung Baru Pemerintahan Kecamatan Bantimurung yang belum lama ini rampung pembangunannya.

Ketua DPRD HA Patarai Amir berkesempatan menyampaikan sambutannya sembari menyorot program kerja tahun sebelumnya yang belum seluruhnya dapat terealisasi;  “….. berkaitan dengan rencana kerja Pemerintah Daerah saat ini, saya cenderung lebih menekankan kepada Bappeda untuk mengoreksi rencana kerja tahun sebelumnya, sebab tentu ada sejumlah program yang belum terealisasi. Harapan saya, program yang belum terealisasi itu dimasukkan kembali kedalam rencana kerja tahun 2021 karena kita tau bersama bahwa rencana kerja Pemerintah Daerah ini merupakan rencana kerja tahun terakhir dibawah kepemimpinan Bapak Bupati”.  

Memasuki acara inti, Bupati Maros HM Hatta Rahman  kemudian membuka secara resmi Kegiatan Musrenbang Tingkat Kecamatan Tahun 2020. Di awal sambutan, beliau mereview hasil-hasil capaian target pembangunan yang telah diraih Pemerintah Daerah sebagai implementasi dari RPJMD yang telah dirancang dalam kurun dua kali periode kepemimpinan beliau.   

Sejalan dengan yang disampaikan Ketua DPRD, Bupati mengingatkan; “…..dalam menyusun APBD melalui RKPD yang kita rancang sekarang ini, hal yang dirasakan masih kurang, akan dimasukkan dalam program kerja 2021.”

Melanjutkan pemaparannya, Bupati memberikan sinyal akan melirik aspek peningkatan dan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) yang akan dituangkan kedalam program kerja dan kegiatan Tahun Anggaran 2021. “Dalam menyusun rencana kerja tahun depan, kita mungusung tema ‘meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan kulaitas hidup, kualitas Sumber Daya Manusia dan daya saing daerah’. Dari aspek fisik/infrastruktur, Alhamdulillah kita sudah lumayan membangun, namun yang perlu kita kembangkan kedepannya adalah peningkatan SDM di Kabupaten Maros. Di tahun ini, kita akan bangun fasilitas gedung sebagai tempat pelatihan dan pengembangan Sumber Daya Manusia yang dilengkapi dengan ruang inap dan ruang belajar, kita jadikan areal tersebut SMART CITY-nya Maros, Kawasan untuk mencerdaskan orang Maros. Untuk SDM usia produktif/pekerja, nantinya kita akan kerjasama dengan BLK dan lembaga-lembaga pelatihan karena kita sedang menuju persaingan di era globalisasi yang membutuhkan keahlian di bidang Teknologi Informasi, kemampuan manajerial dan kemampuan berbahasa,”  pungkasnya.  (DisKominfo)

Check Also

Bupati Lantik Direktur dan Dewan Pengawas PDAM Maros

Maros – Bupati Maros HM Hatta Rahman mengambil sumpah jabatan dan melantik Muhammad Shalahuddin sebagai …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *