Home / Headline / Tata Administrasi Pemerintahan Desa, Dinas Pemdes Gelar Bimtek

Tata Administrasi Pemerintahan Desa, Dinas Pemdes Gelar Bimtek

Maros – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Maros menyelenggarakan kegiatan Bimtek Penataan Kewenangan Desa dalam upaya mewujudkan tertib administrasi dalam penyelenggaraan pemerintahan pada Rabu (13/11/2019) bertempat di Baruga A Kantor Bupati Maros.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Maros, H Husair dalam pemaparannya sekaligus membuka secara resmi kegiatan ini menegaskan pentingnya penataan kewenangan pemerintahan tingkat desa sebagai implementasi regulasi yang mengatur secara jelas batasan kewenangan pemerintahan desa dalam mewujudkan hak asal usul dan lokal berskala desa.

Bimtek ini diikuti oleh sekitar 80 peserta yang merupakan Kepala Desa dan Sekretaris Desa se- Kabupaten Maros. Selain Narasumber dari intern Pemkab Maros yakni Kepala Balitbangda, Sekretaris Inspektorat dan dari Bappeda, Panitia pelaksana juga menghadirkan narasumber dari Lembaga Arsip Nasional, Ibu Endang Kristianty yang mengupas tentang materi Pengarsipan Dokumen Keuangan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa.

Diharapkan, melalui pelaksanaan bimtek ini, para Penyelenggara Pemerintahan Desa dapat meningkatkan pemahaman dan kapasitasnya utamanya dalam hal sinkronisasi antara kewenangan desa, RPJMDes dan APBDesa, Kewenangan Skala Desa, Kebijakan Umum Penyelenggaraan Pemerintahan Desa serta Teknis Penataan Arsip Dana Desa. (DisKominfo)

Check Also

Buka Musrenbang Tingkat Kecamatan, Bupati fokus Pengembangan SDM

Maros – Sebagai cikal bakal Penyusunan APBD TA 2021, Pemerintah Kabupaten Maros kali ini mengawali …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *