Home / Headline / Jadi Preferensi Pengisian Jabatan, Pemkab Maros Gelar Pemetaan dan Seleksi

Jadi Preferensi Pengisian Jabatan, Pemkab Maros Gelar Pemetaan dan Seleksi

Maros – Pemerintah Kabupaten Maros didukung oleh Badan Kepegawaian Negara Regional IV Makassar pada Kamis, 17 Oktober 2019, melaksanakan kegiatan Pemetaan Jabatan dan Seleksi Pengisian Jabatan Administrasi bagi ASN lingkup Pemkab Maros, bertempat di Gedung Serbaguna.

Peserta berjumlah 1.039 yang terdiri dari 129 Pejabat Administrator, 658 Pejabat Pengawas, 128 Jabatan Pelaksana dan 124 peserta seleksi pengisian jabatan yang masih lowong. Tampak hadir dalam acara pembukaan Ketua DPRD Maros, Kepala Kantor BKN Regional IV Makassar dan Sekda Kabupaten Maros.   

Kegiatan ini dijadwalkan berlangsung selama tiga hari seperti pemaparan Sekda, A Davied Syamsuddin; “Pemetaan pejabat administrasi, pelaksana, pengawas dan pengisian jabatan administrasi digelar selama tiga hari, mulai Kamis sampai Sabtu. Hari kedua dan ketiga akan digelar di Gedung Baruga A dan B”.  

Bupati Maros, HM Hatta Rahman dalam sambutannya sekaligus membuka secara resmi kegiatan ini menjelaskan pemetaan jabatan ini dilakukan untuk menelusuri minat dan bakat ASN agar penempatan aparatur sesuai dengan kemampuan serta minat dan bakatnya. Beliau menambahkan; “jabatan saya tersisa satu tahun lagi dan ingin meninggalkan kesan yang baik dengan membenahi manajemen ASN. Jadi, begitu masuk Bupati yang Baru, ASN sudah bisa bekerja sesuai tuntutan manajemen ASN.”

Secara teknis, pemetaan jabatan merupakan preferensi dari kompetensi sesuai dengan kriteria yang tertuang dalam Permenpan RB Nomor 38 Tahun 2017 tentang standar kompetensi jabatan. Lazimnya, untuk penempatan seorang aparatur kedalam jabatan tertentu, harus mengacu pada kompetensi yang dimiliki.

Atas dasar itu, Pemkab Maros menjadikan Tes Pemetaan Jabatan menjadi salahsatu standar acuan untuk memudahkan dalam pendistribusian aparatur sesuai dengan jabatan dan unit kerja serta mencari kecocokan karakteristik pribadi aparatur dengan situasi dan kondisi pekerjaan, termasuk mengetahui aspek kekuatan dan kelemahan aparatur. (DisKominfo)

Check Also

Buka Musrenbang Tingkat Kecamatan, Bupati fokus Pengembangan SDM

Maros – Sebagai cikal bakal Penyusunan APBD TA 2021, Pemerintah Kabupaten Maros kali ini mengawali …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *