Home / Headline / Melalui Kerjasama Dinkes Maros dengan HKI, Bupati Serahkan Bantuan Kacamata

Melalui Kerjasama Dinkes Maros dengan HKI, Bupati Serahkan Bantuan Kacamata

Maros – Dinas Kesehatan menjalin kerjasama lintas sektor dengan Partnership Officer Hellen Keller International (HKI) melalui Program Pencegahan Penyebab dan Konsekwensi Kebutaan pada Anak sebagai upaya preventif kebutaan dini bagi anak. HKI merupakan organisasi non-profit yang bergerak dalam bidang peningkatan gizi, kesehatan mata dan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus. Melalui program ini, diharapkan prevalensi kebutaan pada anak dapat ditekan.

Menurut riset kesehatan, angka kebutaan pada anak sangat tinggi yang disebabkan beberapa faktor diantaranya perilaku, lingkungan dan juga faktor genetik. Tindak lanjut implementasi kerjasama Dinas kesehatan dengan HKI ini berupa Pemberian Pelatihan Screening Kesehatan Mata bagi Guru Sekolah guna melakukan deteksi dini terhadap siswa (SD dan SMP) yang mengalami kelainan refraksi atau penurunan ketajaman penglihatan (low vision).        

Untuk Kabupaten Maros sendiri, berdasarkan data yang dihimpun, dari total 8.867 siswa di 59 sekolah yang discreening oleh para Guru, sejumlah 661 siswa terdeteksi mengalami penurunan ketajaman penglihatan yang akan mendapatkan penanganan lebih lanjut oleh Dokter. Kepada siswa yang terdeteksi tersebut, oleh HKI melalui Dinas Kesehatan akan diberikan bantuan kacamata.  

Disela Upacara Senin, 14 Oktober 2019, Bupati HM Hatta Rahman berkesempatan menyerahkan secara simbolis bantuan kacamata kepada beberapa siswa perwakilan dari SD dan SMP se- Kabupaten Maros yang telah terdata sebagai sasaran penerima bantuan. (Kominfo)

Check Also

Tips Sehat Tangkal Covid 19 ala Bupati Maros: Awali Aktifitas Dengan Berjemur

Maros –   Pemandangan berbeda tampak di kalangan sejumlah kecil ASN Pemkab Maros saat mengawali aktifitas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

.