Maros Raih Penghargaan Pelayanan Publik Terbaik

Maros Raih Penghargaan Pelayanan Publik Terbaik

Komitmen Bupati Maros HM Hatta Rahman dalam melakukan pembenahan dan peningkatan pelayanan publik mendapat apresiasi dari pemerintah pusat. Penghargaan pelayanan publik ini diberikan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan dan RB) di Balai Kartini Jakarta Selasa (27/11/2018).

Penghargaan tertinggi tersebut diserahkan oleh Menpan dan RB Syafruddin kepada Hatta Rahman dengan sebagai hasil dari evaluasi penyelenggaraan pelayanan publik. “Penghargaan itu adalah bonus, yang utama masyarakat Maros dapat menikmati dan puas atas penyelenggaraan pelayanan publik di Maros. Segala kekurangan yang ada kita perbaiki dan pelayanan yang sudah baik kita tingkatkan lagi agar kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik semakin baik,” ujar Hatta usai menerima penghargaan.

Setidaknya ada tiga organisasi perangkat daerah (OPD) yang menjadi objek penilaian oleh Kemenpan dan RB yaitu Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PM dan PTSP), Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dan RSUD Salewangang.

Menurut Kepala Dinas PM dan PTSP Andi Rosman, ada beberapa kriteria penilaian pelayanan publik yang menjadi syarat yakni sarana dan prasarana pelayanan, kebijakan pemerintah terkait pelayanan publik, sistem dan standar pelayanan, serta sistem informasi, konsultasi, pengaduan dan inovasi.

“Termasuk sarana prasarana misalnya tempat ibadah, lahan parkir hingga tempat bermain itu menjadi penilaian dan Maros termasuk sebagai salah satu dari 31 kabupaten/kota yang mendapat penghargaan dari 208 kabupaten/kota yang dinilai,” papar Andi Rosman.

Andi Rosman menambahkan, untuk Dinas yang dibawahinya Dinas PM dan PTSP Maros telah menerapkan standar pelayanan seperti mekanisme perijinan, indeks kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik, pemberian penghargaan pegawai PTSP yang berprestasi. Untuk Dinas Penanaman Modal dan PTSP serta Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil meraih nilai sangat baik sedangkan RSUD Salewangang meraih nilai cukup baik.

“Tentu kita tidak ingin cepat berpuas diri, mudah-mudahan bukan hanya sampai disini tapi kita terus fokus pada pemberian pelayananprima kepada masyarakat,” pungkas Andi Rosman.


Leave a Reply

Kabar Terbaru

%d bloggers like this: