Pemkab Maros Apel 1000 Relawan Siaga Bencana dan Sekolah Sungai

Pemkab Maros Apel 1000 Relawan Siaga Bencana dan Sekolah Sungai

Pemkab Maros menggelar apel 1000 relawan siaga bencana dan sekolah sungai di Lapangan Pallantikang Turikale Maros, Rabu (22/11/2017).

Apel ini sebagai antisipasi banjir besar yang terjadi lima tahun sekali. Diperkirakan banjir ini akan kembali terjadi di Maros setelah sebelumnya pada tahun 2013. Bencana alam ini nyaris melumpuhkan seluruh aktifitas warga dan pemerintahan.

Bupati Maros HM Hatta Rahman menyebutkan, Maros merupakan salah satu wilayah di Sulawesi Selatan yang sangat rentan dengan bencana alam seperti angin puting beliung, longsor dan banjir.

“Tahun 2013 lalu, banjir besar melanda kita, olehnya dengan kegiatan ini kita berharap semua pihak siaga meminimalisir risiko bencana,” ujarnya.

Untuk itu semua unsur yang ada di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) harus senantiasa siap diterjunkan dalam setiap penanganan bencana alam. Selain kekuatan personil Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Maros.

“Bukan hanya personil BPBD saja yang kita siagakan, tapi semua perangkat yang ada di OPD mesti siap diterjunkan jika terjadi darurat bencana pada musim hujan ini,” sebutnya.

Sementara Kepala BPBD Maros Frans Johan mengatakan, pelibatan seribu relawan tanggap bencana dari 14 kecamatan agar setiap penanganan bencana yang terjadi bisa segera ditanggulangi dengan cepat dan tepat.

“Mereka telah diberikan pelatihan khusus dalam penanganan bencana alam. Kita mau warga ikut terlibat secara aktif dalam setiap penanganan bencana,” katanya.

Selain mengantisipasi bencana alam, para relawan ini juga akan memberikan pendidikan atau edukasi kepada masyarakat yang rawan dengan bencana agar senantiasa menjaga lingkungannya.

Selain personil, pihak BPBD juga mempersiapkan beberapa perlengkapan seperti perahu karet dan juga kendaraan operasional yang akan digunakan dalam penanganan bencana. (*)

Tags: Lain-lain


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kabar Terbaru