Wabup Maros Hadiri Bimtek Perbenihan Tanaman Balitbangtan Kementan

Wabup Maros Hadiri Bimtek Perbenihan Tanaman Balitbangtan Kementan

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Kementerian Pertanian (Kementan) menggelar bimbingan teknis (Bimtek) perbenihan tanaman pangan hortikultura dan perkebunan di Balitsereal Maros, Selasa kemarin.

Kegiatan ini dihadiri Anggota Komisi IV DPR RI yang membidangi pertanian, pangan, kelautan, perikanan dan kehutanan Andi Akmal Pasluddin, Kepala Badan Litbang Pertanian Andi Muh Syakir dan Wakil Bupati Maros HA Harmil Mattotorang.

Kepala Balitbangtan Kementan Andi Muh Syakir mengatakan bimtek ini merupakan bagian pengawalan dan pembinaan terhadap petani-petani yang akan melakukan pembibitan tanaman hortikultura.

“Pemerintah telah mencanangkan pembagian bibit tanaman hortikultura perkebunan secara gratis seluruh Indonesia dan bantuan itu tak lepas dari dorongan komisi IV dan juga banggar cukup mendorong pertanian untuk pengadaan pembibitan,” ujarnya, Rabu (25/10/2017).

Balitbangtan Kementan berkewajiban memberikan bimtek sebagai pengawalan dan pembinaan terhadap petani-petani yang akan melakukan pembibitan tanaman hortikultura. Dia mengatakan kegiatan ini melibatkan kelompok tani karena pihaknya ingin petani memperbanyak benih kedepan.

Sedangkan Andi Akmal Pasluddin mengatakan Sulsel dianggap sebagai Sentra Pertanian setelah daerah Jawa. Olehnya itu Sulsel mendapat bantuan yang cukup tinggi. Dia juga mengatakan, tahun 2018 mendatang Kementan bersama DPR RI mempunyai program untuk memberikan bibit yang begitu banyak kepada masyarakat.

Bimtek ini berlangsung hingga 26 Oktober mendatang. (*)

Tags: Nasional


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kabar Terbaru