Simulasi Kebakaran Hutan dan Lahan Digelar di Maros

Simulasi Kebakaran Hutan dan Lahan Digelar di Maros

Pemprov Sulsel bersama Pemkab Maros dan Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan (PPI Karhutla) Wilayah Sulawesi melakukan apel siaga penanggulangan kebakaran hutan dan lahan di Lapangan Pallantikang Kompleks Perkantoran Pemkab Maros, Selasa (31/10/2017).

Apel siaga ini melibatkan 300 orang dari Manggala Agni, TNI, Polisi Kehutanan (Polhut) se Sulsel, SPORC (Satuan Polisi Kehutanan Reaksi Cepat), Balai Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung (TN Babul) Maros dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Maros.

Dihadiri Ketua DPRD Maros H.A.S Chaidir Syam, Wakil Bupati Maros HA Harmil Mattotorang, Kajari Maros Eko Suwarni dan pejabat Pemprov Sulsel dan Pemkab Maros lainnya.

Apel siaga diawali dengan upacara kemudian dilanjutkan dengan simulasi kebakaran hutan dan lahan yang melibatkan berbagai pihak.

Simulasi dimulai dengan kondisi petugas Polhut menemukan sebuah titik api di sebuah lahan. Namun karena tiupan angin dan hawa panas musim kemarau, api mulai membesar, sehingga diturunkan tim lainnya. Api kemudian berhasil dipadamkan.

Kepala Balai PPI Karhutla Sulawesi Dadang Suhendar mengatakan, apel siaga ini dilakukan untuk meningkatkan kesiapansiagaan menghadapi bencana kebakaran hutan dan lahan.

“Juga meningkatkan kerjasama antar pihak terkait dalam menanggulangi bencana kebakaran hutan dan lahan,” ujarnya. (*)

Tags: Kehutanan, Sulsel


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kabar Terbaru