Bupati Maros Tinjau Pelaksanaan UNBK SMP

Bupati Maros Tinjau Pelaksanaan UNBK SMP

Bupati Maros HM Hatta Rahman meninjau pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMP, Selasa (2/5/2017).

Peninjauan yang dilakukan usai upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardikas) tingkat Kabupaten Maros itu didampingi oleh bersama Ketua DPRD Maros H.A.S Chaidir Syam, Kadis Pendidikan Maros Arifuddin Wahab, Kabag Humas Maros Kamaluddin Nur dan sejumlah pejabat lainnya.

Bupati Maros menyampaikan, UNBK ini dilakukan sebagai upaya pemerintah untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan.

Ada delapan sekolah di Maros untuk kali pertama menggelar UNBK, terdiri dari lima SMP negeri dan tiga SMP swasta. Meski sebelumnya banyak menemukan kendala, UNBK ini berlangsung lancar.

“Kita sudah lihat langsung pelaksanaan UNBK ini. Karena kita persiapkan dengan baik, maka kendala bisa diatasi dengan baik. Kita berharap ujian ini berjalan lancar,” ujarnya.

Menurutnya, UNBK ini jauh lebih efektif dan efisien ketimbang ujian konvensional yang selama ini dilaksanakan. Pasalnya, tidak akan ada lagi tindak kecurangan yang bisa dilakukan oleh peserta ujian dan juga guru yang biasanya membocorkan soal.

Dengan sistem UNBK ini juga, guru-guru tidak boleh lagi ada yang tidak mengerti teknologi, khususnya komputer, karena kedepannya, pola pendidikan modern akan menggunakan teknologi sebagai media utamanya.

Sementara Kadis Pendidikan Maros menyampaikan, UNBK ini diikuti 1.703 siswa dan ujian manual non-NBK diikuti 6.536 siswa.

SMP yang melaksanakan UNBK ini adalah SMPN 1 Maros, SMPN 2 Unggulan Maros, SMP 4 Maros, SMPN 5 Mandai. Juga SMP-IT Al Islah Maros, SMP Darul Istiqamah Maros dan SMP Angkasa Maros. (*Ilo-Tim Liputan Humas Maros)

Tags: Sekolah


Leave a Reply

Kabar Terbaru

%d bloggers like this: