Home / Headline / Pemerintahan / Pemkab Maros Kerjasama SimGaji dengan PT Taspen

Pemkab Maros Kerjasama SimGaji dengan PT Taspen

Pemkab Maros melakukan penandatanganan kerjasama tentang Sistem Informasi Pengelolaan Gaji (SimGaji) dengan PT Taspen. Penandatanganan dilakukan saat upacara Hari Kesadaran Nasional di Lapangan Pallantikang Maros, Rabu (17/5/2017).

SimGaji merupakan komputerisasi proses penggajian yang terintegrasi dengan aplikasi keuangan daerah dan unit kerja lainnya dengan menyajikan data secara akurat, tepat dan up to date.

Bupati Maros HM Hatta Rahman mengatakan, aplikasi ini akan memudahkan pegawai yang memasuki usia pensiun karena tidak perlu lagi mengurus berkas pensiun karena telah terupdate didata kepagawaian PT Taspen.

“Untuk tahap awal kita terapkan bagi pegawai yang sudah keluar surat keputusan atau SK pensiunnya, kedepan meski SK belum keluar tapi kalau sudah masuk pensiun dana pensiun langsung masuk ke rekening ASN yang bersangkutan,” ujarnya.

Sementara Kepala Badan Kepegawaian Daerah dan Diklat (BKDD) Kabupaten Maros Baharuddin mengatakan, SimGaji ini diperuntukkan bagi ASN lingkup Pemkab Maros yang memasuki usia pensiun.

SimGaji memudahkan ASN yang akan memasuki usia pensiun karena tidak perlu lagi mengurus gaji pensiunnya karena telah terintegrasi antara data ASN dengan PT Taspen.

“Begitu sampai usia pensiun, langsung terinput ke sistem karena PT Taspen akan terus melakukan update data kepegawaian. Uang pensiun akan langsung masuk ke rekening yang bersangkutan meski surat keputusan pensiunnya belum keluar,” jelasnya.

Untuk diketahui, jumlah ASN Pemkab Maros yang pensiun tiap tahunnya antara 50-70 pegawai. Untuk pegawai Eselon III ke bawah hingga staf usia pensiunnya 58 tahun sedangkan untuk guru usia pensiunnya 60 tahun.

Dalam kegiatan ini, juga diserahkan secara simbolis Surat Keputusan pensiun dan penyerahan Kartu Peserta Taspen. (*)

Check Also

Bupati HAS Chaidir Syam Pimpin Langsung Apel Perdana 2024 ASN Lingkup Pemkab Maros

Maros–  Memasuki hari pertama kerja di tahun 2024, Pemerintah Kabupaten Maros menggelar Apel Perdana jajaran …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

.