Mensos RI Pantau Langsung Penyaluran Bantuan PKH di Maros

Mensos RI Pantau Langsung Penyaluran Bantuan PKH di Maros

Menteri Sosial (Mensos) Republik Indonesia, Khofifah Indar Parawansa, melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Maros, Kamis (27/4/2017).

Kunjungan ini sekaitan dengan penyaluran bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) non tunai kepada warga penerima manfaat PKH di Kabupaten Maros.

Kedatangan Mensos disambut langsung oleh Bupati Maros HM Hatta Rahman, Ketua DPRD Maros H.A.S Chaidir Syam beserta pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan pimpinan bank-bank yang tergabung dalam Himpunan Bank Milik Negara (Himbara).

Dalam dialognya dengan ibu-ibu penerima PKH di Ruang Pola Kantor Bupati Maros, Mensos mengatakan, dia datang ke Maros untuk melihat secara langsung proses penyerahan bantuan ini dan bertemu dengan penerima bantuan.

Dia mengingatkan agar dana bantuan tersebut tidak digunakan selain untuk keperluan sekolah anak.

“Ini merupakan pencairan dana bantuan sosial tahap pertama. Kemungkinan pencairan tahap kedua akan dilakukan bulan Juni mendatang. Jangan digunakan untuk belanja keperluan lebaran, tapi untuk keperluan sekolah anak-anak,” jelasnya.

Sementara HM Hatta Rahman mengatakan, total bantuan PKH yang tersalurkan di Kabupaten Maros berkisar Rp43 miliar, terdiri penerima PKH sebanyak 8.169 keluarga dengan jumlah Rp15,4 miliar. Penerima bantuan beras sejahtera sebanyak 20.026 keluarga dengan jumlah Rp25,4 miliar dan penerima bantuan lanjut usia sebanyak 91 jiwa dengan jumlah Rp182 juta.

“Bantuan ini diharapkan dapat mensejahterakan masyarakat penerima manfaat,” jelasnya.

Meski Kabupaten Maros mendapatkan bantuan sosial dari pusat untuk PKH, tapi dia berharap masyarakat pra sejahtera di Maros dapat ditekan dan tidak terus bertambah setiap tahunnya.

Sedangkan Pejabat Pemimpin BNI Wilayah Makassar, Faizal Arief Setiawan, menjelaskan BNI sebagai Agen Of Development telah siap menyalurkan bantuan non tunai PKH ini.

Bantuan ini penyalurannya diintegrasikan Kartu Keluarga Sejahteta (KKS). Pelaksanan penyaluran tersebut melalui jaringan perbankan Agen46, BNI ATM serta outlet BNI. (*Ilo-Tim Liputan Humas Maros)

Tags: Bantuan, Nasional


Leave a Reply

Kabar Terbaru

%d bloggers like this: