Bupati Maros Serahkan Peta Partisipatif Desa se Kecamatan Bontoa

Bupati Maros Serahkan Peta Partisipatif Desa se Kecamatan Bontoa

Bupati Maros HM Hatta Rahman bersama Ketua DPRD Maros H.A.S Chaidir Syam menyerahkan secara simbolis peta partisipatif desa se Kecamatan Bontoa, Selasa (11/4/2017).

Dia berharap dengan adanya peta ini tidak ada lagi konflik lahan antar warga karena pembuatan peta ini melibatkan masyarakat.

“Saya sudah lihat petanya, dan dari peta ini banyak sekali informasi yang bisa kita dapatkan, tidak hanya tapal batas tapi juga jenis lahan, peruntukan dan potensi daerah tersebut. Misalnya Bontoa, dari peta tersebut saya tahu 80-90 persen masyarakatnya petambak,” paparnya.

Peta tersebut diterbitkan oleh Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Sulsel. Kegiatan yang digelar di Kantor Camat Bontoa itu juga dihadiri oleh Anggota DPRD Sulsel A Muh Irfan AB, Direktur Eksekutif Walhi Sulsel Asmar Exwar serta Koordinator Nasional Jaringan Kerja Pemetaan Partisipatif (JKPP) Denny Rahardian.

Direktur eksekutif Walhi Sulsel Asmar Exwar menuturkan, proses pembuatan peta ini melibatkan masyarakat setempat karena dapat dipastikan yang paling tahu tentang keadaan wilayah adalah masyarakat itu sendiri sehingga dengan melibatkan masyarakat setempat, diyakini tidak ada lagi konflik antar warga karena perebutan lahan.

Dalam peta tersebut memuat beberapa informasi tentang lahan termasuk potensi masyarakat setempat, tapal batas dan informasi lainnya. (*Alfi-Humas Maros)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kabar Terbaru