Pemkab Maros Gelar Pelatihan Aplikasi Pengelolaan Keuangan Daerah

Pemkab Maros Gelar Pelatihan Aplikasi Pengelolaan Keuangan Daerah

Pemkab Maros melaui Badan Keuangan Daerah (BKD) menggelar pelatihan aplikasi Sistim Informasi Pengelolaan Keuangan Daerah (SIPKD) di Baruga B Kantor Bupati Maros.

Pelatihan yang dilaksanakan selama dua hari ini, Rabu dan Kamis, 1 dan 2 Maret ini bertujuan agar bendahara penerima dan pengeluaran serta operator SIPKD dapat memahami dan mengoperasikan aplikasi tersebut di masing-masing unit satuan kerjanya.

Assisten Administrasi Setda Maros dr Firman Jaya yang mewakili Bupati Maros HM Hatta Rahman menyampaikan, pelatihan ini menjadi bagian dari pengembangan sumberdaya manusia (SDM) aparatur Pemkab Maros. Sebab kemampuan SDM yang baik akan mempengaruhi kualitas pelayanan.

“Kami berharap, para ASN Pemkab Maros memiliki kemampuan yang memadai, menguasai fungsi kerjanya, agar pelayanan kepada masyarakat dapat diberikan secara optimal,” ujarnya, Kamis (2/3/2017).

Sementara Kepala BKD Maros H Takdir mengemukakan, pelatihan ini diikuti 100 peserta, yakni bendahara penerima 45 orang, bendahara pengeluaran 10 orang dan operator SIPKD 45 orang dengan instruktur pelatihan dari Jakarta.

“Pekerjaan pengelolaan keuangan termasuk berat dan beresiko. Laporan keuangan unit kerja menjadi parameter laporan keuangan Pemkab Maros, sehingga laporan keuangan tersebut harus disajikan secara baik, benar, tepat waktu dan akuntabel,” ungkapnya.

Melalui pelatihan ini para peserta diharapkan memahami aspek-aspek yang ada dalam aplikasi SIPKD. Meningkatnya kemampuan bendahara dalam memahami aplikasi SIPKD membuat pengelola keuangan unit satuan kerja tidak lagi terlambat dalam pelaporan keuangan. (*)

Tags: Keuangan, Pelatihan


Leave a Reply

Kabar Terbaru

%d bloggers like this: