Home / Ekonomi / Kinerja Keuangan Makin Baik, Realisasi APBD Maros 2016 Capai Rp1,3 Triliun

Kinerja Keuangan Makin Baik, Realisasi APBD Maros 2016 Capai Rp1,3 Triliun

Realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maros tahun 2016 mencapai 92,73 persen. Dari target pendapatan sebesar Rp1,4 triliun, terealisasi sebesar Rp1,3 triliun lebih.

Hal itu disampaikan oleh Bupati Maros HM Hatta Rahman dalam Rapat Paripurna DPRD Maros, Rabu (8/3/2017).

Rapat paripurna yang dipimpin oleh Ketua DPRD Maros H.A.S Chaidir Syam ini digelar dengan agenda Penyerahan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Kepala Daerah di Gedung Baruga A Kantor Bupati Maros

Dari capaian tersebut, ada tiga komponen pendapatan yang berkontribusi terhadap pendapatan secara keseluruhan, yakni Pendapatan Asli Daerah (PAD), Dana Perimbangan dan Pendapatan Lain-lain yang Sah.

“Kami dapat simpulkan, bahwa kinerja capaian realisasi pendapatan Kabupaten Maros tahun anggaran 2016 termasuk kategori baik,” ujarnya.

Meski banyak peningkatan pembangunan sepanjang tahun 2016, namun masih ada kendala yang dihadapi, termasuk adanya pemotongan 10 persen anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pemerintah pusat tahun 2016. Menyebabkan anggaran pembangunan juga harus terkoreksi berdasarkan prioritas.

“Intinya tahun 2016 lalu, kita sudah maksimal, tapi masih banyak yang harus diperbaiki tahun 2017 ini. Tentu kami berharap ada masukan yang konstruktif dari DPRD untuk menyelesaikan persoalan-persoalan pembangunan yang akan dihadapi pada masa mendatang,” ujarnya.

Belanja daerah Maros juga terealisasi naik, yakni sebesar 91,87 persen dari target belanja Rp1,4 triliun. Selain penyerahan LKPJ, dalam rapat paripurna ini juga dibentuk panitia khusus (pansus) LKPJ Kepala Daerah tahun 2016. (Humas Maros)

Check Also

Bupati HAS Chaidir Syam Pimpin Langsung Apel Perdana 2024 ASN Lingkup Pemkab Maros

Maros–  Memasuki hari pertama kerja di tahun 2024, Pemerintah Kabupaten Maros menggelar Apel Perdana jajaran …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

.