Bupati Maros: Tuntaskan Infrastruktur, Bangun Ekonomi dan SDM

Bupati Maros: Tuntaskan Infrastruktur, Bangun Ekonomi dan SDM

Catatan setahun pemerintahan Bupati Maros Ir. H.M Hatta Rahman, MM dan Wakil Bupati Maros Drs. H.A Harmil Mattotorang, MM (periode kedua).

Masa pemerintahan Bupati Maros HM Hatta Rahman dan Wakil Bupati Maros HA Harmil Mattotorang telah setahun di periode kedua ini, Jumat 17 Februari 2017 lalu. Peringatan setahun pemerintahan ini dilakukan secara sederhana dengan memotong tumpeng upacara hari Kesadaran Nasional.

“Kami bikin sukuran kecil-kecilan saja. Hari ini genap satu tahun kepemimpinan kami, setelah resmi dilantik 17 Februari 2016 lalu oleh Gubernur Sulsel,” ujar HM Hatta Rahman.

Sejumlah kegiatan pembangunan sudah dikerjakan selama enam tahun terakhir. Pada setahun periode kedua ini, tingkat pertumbuhan ekonomi masyarakat Maros mencapai 47 persen.

“Ini berdasarkan sensus ekonomi. Bahkan Maros menempati urutan teratas pertumbuhan ekonomi se Sulsel,” ungkap Hatta Rahman.

Menurutnya, keberhasilan tersebut tidak terlepas dari program pembangunan infrastruktur berupa jalan dan jembatan sudah terbangun sekitar 500 kilometer. Pembangunan tersebut tersebar di seluruh wilayah Maros.

Selanjutnya, pembangunan infrastruktur dan peningkatan kualitas jalan di 14 kecamatan tetap akan dilakukan pada tahun 2017 ini, sebab pembangunan infrastruktur yang manfaatnya dirasakan langsung oleh warga.

“Kami tetap fokus pada pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan. Ini perlu sebagai akses warga. Jalan yeng menghubungkan setiap kecamatan dan desa akan dilanjutkan,” jelasnya.

Pemkab Maros juga akan menata kembali wilayah perbatasan Maros dengan kabupaten tetangga, termasuk menuntaskan infrastruktur di perbatasan Maros. Diantaranya menyelesikan pengerjaan jalan. Perbaikan infrastruktur dilakukan agar perekonomian masyarakat yang tinggal di perbatasan juga dapat meningkat. Selanjutnya diprogramkan pembangunan pasar rakyat kecamatan untuk mendukung kegiatan perekonomian warga agar semakin maju.

Pemkab Maros juga akan melanjutkan pembangunan di sektor pelayanan publik, seperti Puskesmas, Poskedes dan Puskesmas Pembantu (Pustu). Sementara untuk pendidikan, kita akan membangun dan merenovasi sekolah yang sudah tidak layak.

Selain menuntaskan infrastruktur, HM Hatta Rahman juga akan fokus pada pembangunan sumber daya manusia (SDM). Namun bukan hanya pada bidang teknologi, tapi juga bidang pendidikan, ekonomi, dan bidang lainnya.

“Pengembangan SDM ini dilakukan karena tantangan kedepan sangat besar. Kalau bekalnya tidak ada maka kita akan ketinggalan,” ujarnya.

Dengan mulainya fokus pada pembangunan SDM ini, maka otomatis pembangunan fisik akan berkurang mengingat pembangunan jalan dan fisik lainnya hampir tuntas.

“Kalau pembangunan fisik seperti jalan tetap ada tapi tidak lagi sebesar tahun-tahun sebelumnya karena sebagian besar sudah betonisasi dan hotmix. Makanya pembangunan manusia juga akan kita lakukan,” ungkapnya.

Pemkab Maros telah memprogramkan untuk pengadaan 5000 Al Quran yang disertai dengan terjemahannya. Al Quran tersebut diperuntukan kepada PNS dan warga Maros. Pengadaan Al Quran ini dilakukan agar PNS dan warga Maros bisa membaca dan memahami isi Al Quran.

Segala program dan kegiatan pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan tersebut, senantiasa mengacu pada visi ‘Maros Lebih Sejahtera 2021’. Lebih sejahtera adalah suatu kondisi masyarakat Maros pada tahun 2021 yang lebih baik dari kondisi sekarang pada seluruh sektor kehidupan.

Hal itu ditandai dengan terpenuhinya kebutuhan dasar masyarakat, seperti kecukupan dan mutu pangan, sandang, papan, kesehatan, pendidikan, lapangan pekerjaan, hiburan, serta lingkungan yang bersih, aman, damai dan nyaman.

Juga terpenuhinya hak asasi dan partisipasi masyarakat dalam kehidupan sosial, budaya, ekonomi, pemrintahan, agama, politik, hukum dan keamanan. tersedianya infrastruktur pendukung pelayanan dasar yang merata dan berkualitas.

Visi tersebut dijabarkannya dalam enam point misi, yaitu meningkatkan perekonomian daerah, meningkatkan kualitas pelayanan publik, serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Kemudian meningkatkan pembangunan wilayah dan kawasan, meningkatkan kualitas pengelolaan sumber daya alam, serta meningkatkan pembangunan infrastuktur dan teknologi. (*Ilham Halimsyah-Humas Maros)

Tags: Lain-lain


Leave a Reply

Kabar Terbaru

%d bloggers like this: