Home / Pembangunan / Bupati Maros akan Kembalikan Tompobulu Sebagi Pusat Holtikultura

Bupati Maros akan Kembalikan Tompobulu Sebagi Pusat Holtikultura

Bupati Maros HM Hatta Rahman akan kembali menjadikan Kecamatan Tompobulu sebagai pusat tanaman holtikultura. Hal itu disampaikannya saat menghadiri Musrenbang Tompobulu, Selasa lalu.

Jika dulu dikenal ada langsat dan sukun (bakara) dari Tompobulu, maka hal itu akan dikembalikan. Sehingga hasil holtikultura Tompobulu lebih spesifik.

“Rambutan, mangga, dan buah-buahan lainnya ditanam di sini, supaya jadi sentra produk hortikultura. Nanti dibuatkan pasar hortikultura. Kalau itu bisa diwujidkan maka masyarakat akan lebih sejahtera,” ujarnya, Rabu (15/2/2017).

Selain itu, akan dilakukan pengembangan wisata, salah satunya dengan membuka tempat wisata atau membentuk desa wisata. Pasalnya beberapa desa di Tompobulu memiliki pesona alam yang cocok sebagai potensi wisata.

“Dalam lima tahun ini, kita sudah membangun jalan beton untuk memperlancar akses masyarakat. Pembangunan jalan ini tentu mendukung perkembangan ekonomi masayarakat,” tambahnya.

Dikatakannya pula, selama ini banyak orang berpikir jika Tompobulu itu jauh, letaknya pasti di atas gunung, sebab sesuai namanya. Padahal akses jalan di Tompobulu sudah bagus, sudah jalan beton. Akses masyarakat jadi lebih terbuka.

Tompobulu akan ditata lebih menarik, seperti perternakan sapi, perlu dikembangkan dengan sistim multi effect, bukan cuma daging tapi juga kotorannya bisa dipakai. Tidak melepas sapi di jalan atau di pemukiman.

“Kemudian, saya berpikir di sini akan ada lapangan golf. Tentu akan jauh lebih indah, karena suasananya jauh lebih alami. Hal ini tentu akan menarik minat investor,” jelasnya.

Karena itu, masyarakat diminta membuka diri terhadap hal-hal positif. Tapi jangan menjual lahan seluruhnya. Selanjutnya, lahan yang kritis akan diubah menjadi lahan produktif.

Tahun ini, sekitar Rp40 miliar disiapkan untuk pembangunan infrastruktur, diantaranya untuk jalan beton, pasar, sekolah dan lainnya.

Selain itu, pihaknya akan mendorong pengembangan SDM, termasuk di desa. Jika infrastruktur selesai, maka difokuskan membangun manusia. Pembangunan manusia jauh lebih baik, sebab terkait masa depan.

Sementara Ketua DPRD Maros, H.A.S Chaidir Syam menambahkan, bahwa sudah sepantasnya jika masyarakat Tompobulu mensyukuri pembangunan. Pasalnya ini merupakan tahun kebangkitan Tompobulu.

Check Also

BUPATI MAROS DIDAMPINGI WABUP RESMI MEMBUKA RANGKAIAN KEGIATAN MUSRENBANG RKPD TINGKAT KECAMATAN TAHUN 2024 DI MALLAWA

Maros–  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maros mengawali rangkaian kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

.