Home / Pariwisata / Bupati Maros Dampingi Mentan RI Resmikan Bendung Tampala Tompobulu

Bupati Maros Dampingi Mentan RI Resmikan Bendung Tampala Tompobulu

MAROS –Bupati Maros HM Hatta Rahman mendampingi kunjungan kerja Menteri Pertanian (Mentan) Republik Indonesia (RI), Andi Amran Sulaiman, Sabtu (7/1/2017).

Kunjungan kerja Mentan RI itu untuk meresmikan Bendung Tampala Parangloe di Dusun Tombolo Desa Tompobulu Kecamatan Tompobulu Kabupaten Maros.

Bupati Maros menyampaikan kepada Mentan RI bhawa selama ini masyarakat Desa Tompobulu mengandalkan tadah hujan untuk mengaliri areal persawahan mereka. Olehnya itu dengan kehadiran bendung ini, dia berharap masyarakat Tompobulu dapat memanfaatkan bendung ini untuk mengaliri areal persawahan.

“Apalagi nanti akan ada bantuan pompa air buat cadangan musim kemarau nanti jadi air bendung ini tetap bisa dimanfaatkan meski musim kemarau datang,” sebutnya.

Sementara itu, Mentan RI pun mengaku takjub melihat air jernih yang mengalir dari pegunungan di bendung tersebut.

“Saya terkejut melihat air mengalir dari pegunungan yang jernih luar biasa yang bisa mengaliri ribuan sawah. Akan tetapi airnya tidak dimanfaatkan secara optimal,” jelasnya.

Dengan membangun embung di sekitar embung dan diberi pompa air. Sehingga, pada saat musim kering airnya bisa dipompa. Bendung itu dibangun menggunakan APBN sebesar Rp150 juta dan akan mengaliri 75 hektar areal persawahan di Desa Tompobulu.

Dengan berfungsinya bendung ini, maka dipastikan panen akan berlangsung sebanyak tiga kali yakni dua kali panen padi dan satu kali palawija. Usai meresmikan bendung, Mentan RI dan rombongan kemudian melakukan kunjungan ke Balitsereal Maros. (Ilo-Humas Maros)

Check Also

Maros Raih Penghargaan Tertinggi Proklim 2023, Wabup Hj Suhartina Bohari  Hadiri Langsung Acara Penyerahan Penghargaan dan Peresmian RKKIK

Maros- Perubahan iklim yang berlangsung secara global saat ini sudah semakin memprihatinkan. Olehnya itu,  berbagai …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

.