Pemkab Maros dan PMI Jalan Santai Hari AIDS Sedunia

Pemkab Maros dan PMI Jalan Santai Hari AIDS Sedunia

Hari AIDS Sedunia di Kabupaten Maros diperingati dengan jalan santai, Minggu (4/12/2016). PMI Maros bekerjasama dengan Pemkab Maros dan Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Maros menggelar jalan santai ini sebagai bentuk kampanye orang dengan HIV/AIDS (ODHA).

Jalan santai yang mengangkat tema ‘Jauhi Penyakitnya, Bukan Orangnya’ ini melibatkan ribuan siswa-siswi SD, SMP dan SMA di Maros.

Bupati Maros HM Hatta Rahman mengatakan, kondisi geografis Maros yang sebagai penyangga Ibukota Provinsi Sulsel, Kota Makassar menjadikan Maros sangat rentan dengan peredaran narkoba yang menjadi cikal bakal penyebaran HIV/AIDS.

“Saat ini Maros berada diurutan 10 untuk penderita HIV/AIDS, ini membuktikan Maros sangat rentan terhadap penyebaran HIV/AIDS. Kita juga lihat peredaran narkoba di Maros cukup tinggi karena keberadaan Bandara Internasional Sultan Hasanuddin yang menjadi gerbang masuknya ke Sulsel,” paparnya.

Sementara itu, Ketua PMI Maros H.A.S Chaidir Syam mengatakan, selain memperingati Hari AIDS Sedunia, jalan santai ini juga untuk memperingati hari Sukarelawan PMI yang jatuh pada 26 Desember mendatang.

“Kampanye jauhi penyakitnya bukan orangnya ini kita lakukan karena masyarakat seringkali mengucilkan penderita HIV/AIDS. Padahal tidak boleh seperti itu, yang harus dilakukan adalah menjauhi penyakitnya dan penyebabnya. Penyebaran HIV/AIDS terjadi biasanya karena penggunaan jarum suntik pada pengguna narkoba juga perilaku seks menyimpang dengan berganti-ganti pasangan,” ungkapnya.

Jalan santai ini juga dirangkaikan dengan lomba desain spanduk dan lomba yel antar anggot Palang Merah Remaja (PMR) yang melibatkan 200 peserta dari 18 sekolah. Berbagai hadiah menarik dibagikan untuk peserta jalan santai. (Humas Maros)

Tags: Jalan Santai


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kabar Terbaru