Home / Headline / Penghargaan / Bupati Maros Terima Penghargaan APE dari Menteri PPPA

Bupati Maros Terima Penghargaan APE dari Menteri PPPA

Bupati Maros HM Hatta Rahman meraih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) 2016. Penghargaan ini diserahkan oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise kepada di Gedung Manggala Wanabhakti Jakarta, Rabu (21/12/2016) malam.

Meski baru pertama kali meraih penghargaan ini, namun Kabupaten Maros dapat meraih kategori bergengsi, yakni madya. Kategori ini membuat Maros berada di atas kabupaten lain. Ada empat kategori penghargaan APE ini yakni pratama, madya, utama dan paling bergengsi kategori mentor.

Bupati Maros HM Hatta Rahman mengatakan, penghargaan ini menjadi spirit untuk lebih meningkatkan kualitas program pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak melalui pengarusutamaan gender.

“Kita bersyukur karena Maros kembali dapat mensejajarkan dengan kabupaten/kota lain bukan hanya di Sulsel tapi Indonesia. Apalagi pemberdayaan perempuan termasuk baru berdiri sendiri karena sebelumnya menyatu dengan BKKBD,” ujarnya.

Ia berharap, dengan terbentuknya dinas pemberdayaan perempuan tahun 2017 mendatang maka program-program pengarusutamaan gender dapat semakin baik.

Maros merupakan salah satu dari 84 kabupaten dan kota yang meraih penghargaan APE 2016 ini. Selain itu ada 17 propinsi dan 12 kementerian dan lembaga yang mendapat penghargaan serupa tahun 2016 ini. Pengharhaan yang diberikan sejak tahun 2004 ini memiliki tiga dimensi operasional yakni pemberdayaan perempuan, perlindungan anak serta pemenuhan hak anak.

“Dalam sambutannya ibu menteri, beliau mengapresiasi atas semangat dan antusiasme dalam mendokumentasikan dalam upaya pembangunan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak,” ungkapnya.

Sebelumnya, pada Rabu pagi juga diserahkan secara simbolis penghargaan APE ini oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla di Istana Wapres RI. (Humas Maros)

Check Also

Di Ajang KPID Awards 2023, Bupati Maros dan LPPL Maros FM Raih Penghargaan

Maros–  Maros Menjadi Tuan Rumah penyelenggaraan Acara Malam Puncak KPID Award XVIII Tahun 2023. Sejumlah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

.