Bupati Maros Pantau Langsung Proses Pelayanan KTP

Bupati Maros Pantau Langsung Proses Pelayanan KTP

Bupati Maros HM Hatta Rahman memantau langsung proses pelayanan di kantor Dinas Pencatatan Sipil dan Administasi Kependudukan, Kamis (20/10/2016). Ia mendatangi kantor tersebut dengan berjalan kaki dari Kantor Bupati Maros.

Beberapa proses pelayanan yang dipantau langsung adalah pengurusan KTP Elektronik (el), Kartu Keluarga (KK) dan Akte Kelahiran (AK). Ia sempat mempertanyakan proses pelayanan karena panjangnya antrian, terutama untuk pelayanan KTP el.

“Kita hanya ingin melihat proses pelayanan di sini, apakah berjalan dengan lancar. Tapi memang kondisi ini hampir dialami semua kabupaten karena blanko KTP yang terbatas padahal yang mau mengurus KTP puluhan ribu orang,” ujarnya.

Selanjutnya, ia meminta kepada masyarakat untuk tidak mempercayai calo dalam pengurusan KTP, KK ataupun AK dengan membayar sejumlah uang, sebab pengurusan tersebut sudah digratiskan.

Sementara itu, Dinas Pencatatan Sipil dan Administasi Kependudukan Maros Dr H Nasiruddin Rasyid mengatakan, dalam sehari pihaknya hanya mampu mencetak 400 blanko KTP sesuai dengan kuota blanko dari pemerintah pusat. Padahal, sampai saat ini masih ada sekitar 50 ribu warga yang menunggu cetak KTP el.

“Proses perekaman terus berjalan, meski blanko terbatas sehingga warga harus bersabar antri untuk pencetakan KTP baru,” pungkasnya. (*)


Leave a Reply

Kabar Terbaru