Bupati dan Wabup Maros Tanam Jagung Bersama Muspida

Bupati dan Wabup Maros Tanam Jagung Bersama Muspida

Bupati Maros HM Hatta Rahman bersama Wakil Bupati Maros HA Harmil Mattotorang dan Muspida menanam jagung di lahan khusus di Dusun Bontoramba Desa Bontomatene Kecamatan Mandai, Kamis (13/10/2016).

Program itu merupakan kerjasama antara Dinas Pertanian Maros dengan Polres Maros yang merupakan program nasional.

“Ini merupakan salah satu upaya meningkatkan produksi jagung tiap tahunnya. Apalagi ini lahan baru yang, sebelumnya tidak pernah tersentuh,” jelasnya.

Diharapkan program ini mampu meningkatkan ekonomi masyarakat dari sektor pertanian selain padi. Ke depan diharapkan pula Maros punya sarana pembibitan padi dan jagung, sehingga tidak perlu mengambil bibit dari luar lagi. Itu juga akan membuat Maros menjadi kabupaten yang mandiri pangan.

Sementara itu, Kapolres Maros AKBP Erick Ferdinan mengatakan, Kepolisian mendukung program penanaman jagung ini. Program ini mendapat bantuan dari APBNP, dalam bentuk bibit, traktor, pupuk dan alat untuk panen.

Sedangkan Kepala Dinas Pertanian Maros, Burhanuddin mengatakan untuk program penanaman jagung tahun ini, Maros dapat anggaran APBN-P sekisar 700 hektar untuk empat kecamatan di 11 desa dan 21 kelompok tani.

Bantuan ini tersebar di empat kecamatan yakni Mandai, Tompobulu, Mallawa dan Moncongloe. Keempatnya merupakan lahan khusus yang tidak dimanfaatkan.

“Target produksi 10-12 ton per hektare, meski rata-rata produksi paling rendah sekitar 8 ton per hektar. Sehingga secara keseluruhan target produksi untuk 700 hektar ini bisa mencapai 5600 ton,” ungkapnya. (*)

Tags: Holtikultura


Leave a Reply

Kabar Terbaru