Kabupaten Maros Raih Piala Adipura Buana 2016

Kabupaten Maros Raih Piala Adipura Buana 2016

Kabupaten Maros kembali meraih penghargaan Piala Adipura yang diterima Bupati Maros HM Hatta Rahman di Siak Riau, Jumat 22 Juli 2016.

Piala Adipura yang diraih Kota Turikale Kabupaten Maros tahun ini adalah Adipura Buana, yakni penghargaan untuk pemerintah daerah yang mampu membuat wilayahnya liveable. Menggabungkan unsur sosial dengan lingkungan untuk membentuk kota yang layak huni yang tercermin dari masyarakat kota yang peduli lingkungan.

Piala Adipura Buana ini kemudian dibawa ke Maros oleh Bupati Maros HM Hatta Rahman didampingi Ketua PKK Maros Hj Suraida Hatta dan Kepala Dinas Kebersihan, Lingkungan Hidup, Pertamanan dan Pemakaman Maros Andi Davied Syamsuddin.

Saat tiba di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar di Maros, kedatangan Piala Adipura Buana disambut penuh haru, Senin (25/6/2016).

Penyambutan dilakukan oleh Wakil Bupati Maros HA Harmil Mattotorang, Sekda Maros Baharuddin, Ketua DPRD Maros H.A.S Chaidir Syam bersama Muspida, kepala SKPD, camat, lurah, kepala desa dan ratusan PNS Pemkab Maros. Penyambutan dilakukan dengan pemberian karangan bunga dan tarian adat.

Selanjutnya Piala Adipura Buana diarak keliling kota Turikale Maros. Ribuan pelajar dan masyarakat memadati tepi jalan menyambut Piala Adipura Buana tersebut penuh kegembiraan.

“Kami berterima kasih kepada seluruh stakeholder dari jajaran Pemkab Maros, Muspida, PKK, ormas, serta masyarakat atas kerja kerasnya selama ini menjaga kebersihan. Ini merupakan Piala Adipura ke empat, kita tentu berharap kedepan kualitasnya lebih baik lagi,” ujarnya.

Piala Adipura merupakan lambang supremasi bahwa Maros mencintai lingkungan, kebersihan dan pengelolaan sampah semakin baik. Pengelolaan sampah di Maros menjadi barang ekonomis semakin baik dari tahun ke tahun. Masyarakat juga terlibat dalam pengelolaan sampah.

Diketahui, Maros pertamakali meraih Piala Adipura pada tahun 2013, kemudian dipertahankan pada tahun 2014, 2014 dan 2016 ini. Tahun 2012, Maros meraih Piagam Adipura. Prestasi ini diraih dalam masa pemerintahan Bupati Maros Hatta Rahman dan Wakil Bupati Maros Harmil Mattotorang. (*)

Tags: Kebersihan, Nasional, Penghargaan


Leave a Reply

Kabar Terbaru