Bupati Maros Resmi Membuka Pelaksanaan TMMD 2016

Bupati Maros Resmi Membuka Pelaksanaan TMMD 2016

Bupati Maros HM Hatta Rahman menjadi inspektur upacara (Irup) apel gelar pasukan pelaksanaan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) 2016 yang mulai dilaksanakan oleh TNI di Maros.

Apel gelar pasukan pelaksanaan operasi bakti TNI ini digelar di Lapangan Pallantikan Maros, Selasa (3/5/2016).

Dalam apel ini, Bupati Maros menyerahkan peralatan kerja kepada TNI yang akan bertugas selama TMMD dilaksanakan. Sekitar 120 orang prajurit TNI akan bertempat tinggal di rumah-rumah warga. Mereka terdiri atas prajurit gabungan dari Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara dan membaur bersama warga.

Lokasi TMMD ini berada Desa Salenrang Kecamatan Bontoa Kabupaten Maros dengan membangun akses jalan darat sepanjang 1,5 kilometer dari Dusun Rammang Rammang ke Kampung Berua.

Bupati Maros HM Hatta Rahman menyatakan bahwa TMMD merupakan sinergitas antara TNI dengan pemerintah daerah melalui program yang bermanfaat bagi rakyat.

“Pemkab Maros tentu terbantu dengan program ini, sebab beberapa pekerjaan fisik akan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” ujarnya.

Sedangkan Dandim 1422 Maros, Letkol Inf Sunarto mengatakan, program ini dilaksanakan oleh TNI bersama warga setempat sekitar sebulan. Jalan darat yang dibangun tersebut diharapkan membuat Kampung Berua sebagai jantung objek wisata Rammang Rammang bisa lebih tertata dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Pengerjaan jalan ini sudah 90 persen, saat ini sisa diratakan saja. Selain jalan, dibuat juga tiga MCK dan satu baruga di dermaga tiga Rammang Rammang. Kami berharap, satu bulan kedepan semua bisa rampung,” paparnya.

TMMD 2016 dilaksanakan dengan anggaran dari Komando Astas sebesar Rp203 juta lebih dan Pemkab Maros sebesar Rp727 juta lebih. Anggaran ini digunakan untuk pembangunan fisik maupun non fisik.

Program TMMD dulu dikenal sebagai ABRI Masuk Desa, diharapkan dapat mewadahi aspirasi dan kepentingan masyarakat di pedesaan. Secara substansial, TMMD merupakan tesis keterlibatan TNI dalam pembangunan pedesaan. (Humas/Ilham)

Tags: Nasional


Leave a Reply

Kabar Terbaru

%d bloggers like this: