Bupati Maros Panen Raya Padi Serab Gabah Petani

Bupati Maros Panen Raya Padi Serab Gabah Petani

Bupati Maros HM Hatta Rahman bersama Dandim 1422 Maros Letkol Inf Sunarto dan pejabat lainnya melakukan pemotongan padi pada panen raya padi di Lingkungan Macoa Kelurahan Soreang Kecamatan Lau, Rabu (30/3/2016).

Panen serab gabah petani ini dilakukan pada lahan siap panen kurang lebih 200 hektar dengan perkiraan hasil panen 10,2 ton/ha. Perkiraan itu didapatkan dari pengukuran hasil panen dengan metode ubinan oleh BPS Maros.

Menurut Bupati Maros, panen raya ini digelar agar hasil panen petani bisa diserap secara maksimal oleh Bulog dan tidak merugikan petani. Pasalnya, harga gabah beberapa hari terakhir mengalami penurunan akibat produksi gabah yang meningkat.

“Bulog sudah berjanji akan membeli semua gabah hasil panen petani dengan harga minimal Rp 3700, jika gabah kering giling harganya mencapai Rp 4650. Tahun ini Pemkab Maros menargetkan 200 ribu ton padi,” ujarnya.

Sementara Letkol Inf Sunarto mengatakan, program serab gabah petani ini merupakan upaya pemerintah untuk stabilitasi harga gabah hasil panen agar tidak jatuh seperti tahun lalu. (Humas/Ilham)

Tags: Padi, Panen


Leave a Reply

Kabar Terbaru