Bupati dan Ketua PKK Maros Imunisasi Polio Kepada Balita

Bupati dan Ketua PKK Maros Imunisasi Polio Kepada Balita

Bupati Maros HM Hatta Rahman bersama Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Maros Hj Suraidah Hatta dan Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Maros Hj Andi Anggriani Harmil memberikan imunisasi polio kepada sejumlah balita menandai pelaksaan PIN ini.

Hal itu memandai pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) tingkat Kabupaten Maros yang dipusatkan di Kelurahan Bontoa Kecamatan Mandai, Selasa (8/3/2016).

HM Hatta Rahman mengemukakan, PIN digelar serentak di Indonesia untuk memastikan tingkat kekebalan masyarakat terhadap penyakit polio dan memberikan perlindungan secara optimal serta merata pada balita terhadap kemungkinan munculnya kasus polio.

Karena itu, dirinya meminta Dinas Kesehatan Maros untuk melakukan aksi jemput bola dan melakukan sweeping terhadap Bayi Lima Tahun (Balita) saat pelaksanaan PIN Polio. Jemput bola akan dilakukan oleh petugas puskesmas dengan mendatangi rumah-rumah warga.

“Setelah pelaksanaan serentak 8 Maret ini, balita yang belum diimunisasi atau yang tidak datang akan disweeping. Petugas kesehatan harus jemput bola sampai 15 maret 2016,” ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan Maros dr Firman Jaya mengemukakan, sasaran PIN ini adalah anak usia 0-59 bulan yang merupakan kelompok paling rentan terhadap virus polio dengan jumlah sasaran di Maros sebanyak 38.391 jiwa balita.

“PIN digelar di 14 kecamatan dan 103 desa yakni di posyandu, polindes, poskesdes, puskesmas, rumah sakit serta 426 pos PIN” paparnya.

Pihaknya telah mensiagakan petugas untuk melakukan aksi jemput bola sesuai anjuran Bupati Maros untuk mengantisipasi orangtua yang memiliki balita namun tidak mau mengimunisasi balitanya atau yang tidak sempat membawa anaknya ke pos pelayanan PIN yang tersedia.

Camat Mandai HA Machmoed Oesman menambahkan, khusus untuk Mandai ada 3500 balita yang menjadi target imunisasi polio ini dengan menyiapkan 40 pos imunisasi. (Ilham)

Tags: Nasional


Leave a Reply

Kabar Terbaru