Menteri Desa dan PDT Tutup Pameran Potensi Desa dan Apresiasi Pemkab Maros

Menteri Desa dan PDT Tutup Pameran Potensi Desa dan Apresiasi Pemkab Maros

Maros – Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Marwan Jafar didampingi Penjabat Bupati Maros Andi Herry Iskandar menutup Pameran Potensi Desa yang digelar di Lapangan Pallantikang Maros, sejak 10 September.

Pameran bertema ‘Desa Membangun Indonesia, Bangkitlah Desaku Jayalah Negeriku’ ini bertujuan untuk mempromosikan potensi desa secara nasional.

Sebelum menurut pameran ini, Marwan melakukan temu wicara dengan para kepala desa, lurah dan camat se Maros di Ruang Pola Kantor Bupati, Sabtu, (12/11/2015) malam. Ia pun mengapresiasi kinerja pemerintah kabupaten, kecamatan, dan aparat desa di Kabupaten Maros.

Apresiasi diberikan karena di daerah ini pemda mampu bekerja baik sehingga penyerapan dana desa sudah hampir mencapai 100 persen.

Menurut Marwan, dari laporan yang ia peroleh pada diskusi dengan aparat desa se-Kabupaten Maros, sekitar 80 persen desa-desa yang ada telah menerima kucuran dana desa. Dengan tingkat serapan mencapai sekitar 70 persen.

“Saya sangat apresiasi aparat desa, kecamatan dan Pemkab Maros, serta kabupaten-kabupaten di Sulawesi Selatan karena di provinsi ini penyerapan dana desa sudah mencapai 70 persen,” ujarnya mengutip JPNN, Minggu (13/9/2015) lalu.

Kepada aparat desa, Marwan mengatakan dana desa sudah bisa digunakan untuk program-program yang memang sebenarnya bisa dilakukan segera. Misalnya membangun atau membenahi jalan desa, irigasi, pengadaan air, dan sebagainya.

Dana desa tidak boleh buat bangun tempat ibadah ataupun bangun kantor desa. Namun kalau sudah ada yang terlanjur, akan dievaluasi saja.

Ke depan penyerapan dana desa akan meningkat pesat, menyusul akan disahkannya Surat Keputusan Bersama (SKB) tiga menteri yang akan diumumkan segera. Surat itu ditandatangani Menteri Desa PDTT, Menteri Dalam Negeri dan Menteri Keuangan. (Ilham/Humas)

Tags: Nasional


Leave a Reply

Kabar Terbaru