Bupati Nias Barat Apresiasi Prestasi dan Kemajuan Maros

Bupati Nias Barat Apresiasi Prestasi dan Kemajuan Maros

Maros – Bupati Nias Barat Adrianus Arizoduhu Gulo mengapresiasi kemajuan Kabupaten Maros, hal itu disampaikannya saat kunjungan kerja di Kabupaten Maros, Senin (6/7/2015).

Kunjungan kerja ini untuk mendapatkan masukan bidang pembangunan, pengelolaan keuangan, pertanian, pariwisata, perikanan, dan masalah lainnya.

“Kami studi banding di Maros karena menilai Maros mempunyai banyak kemajuan ditandai dengan banyaknya prestasi yang diraih seperti WTP clear and clean, Piala Adipura, dan sejumlah penghargaan nasional lainnya,” papar Bupati Nias Barat.

Ditambahkannya, pada tahun 70-an potensi pertanian Nias yang berpenduduk 82 ribu jiwa (BPS) ini cukup maju namun sekarang tidak lagi. Itulah sebabnya mereka ke Maros untuk mempelajari cara Maros mengembangkan pertanian.

Sedangkan Menurut Bupati Maros, pertanian Maros meningkat karena Maros memperbaiki irigasi dan melakukan revolusi bibit padi sehingga bisa menghasilkan 10 ribu ton gabah per hectare per sekali panen. Dengan menggunakan bibit unggul Maros menghasilkan 290 ribu ton padi per tahun atau terbesar di Sulsel setelah Sidrap dan Pinrang.

Area pertanian Maros saat ini seluas 28 ribu ha. Di dalamnya sudah termasuk 6.000 ha sawah yang panen tiga kali, 16 ribu ha panen dua kali, dan sisanya adalah sawah tadah hujan.

“Untuk mempertahankan hasil pertanian, kami sangat ketat dalam pembebasan lahan pada investor apalagi dalam tanah yang akan dibebaskan tersebut terdapat irigasi,” ujar Hatta Rahman.

Dalam kunjungan ini, Bupati Maros HM Hatta Rahman diangkat menjadi Warga Kehormatan Nias Barat. Pengangkatan sebagai warga kehormatan ini ditandai dengan pemasangan mahkota dan baju adat Nias.

Selain Bupati Maros, Ketua DPRD Maros A.S Chaidir Syam, Wakil Bupati Maros HA Harmil Mattotorang dan Sekda Maros H Baharuddin juga diberikan baju adat Nias. (Alim/Ilham)

Tags: Nasional


Leave a Reply

Kabar Terbaru