Maros Gelar Karnaval Tampilkan Kekayaan Seni Budaya

Maros Gelar Karnaval Tampilkan Kekayaan Seni Budaya

Maros – Sebanyak 14 Kecamatan di Maros menampilkan kekayaan budaya dalam pawai Karnaval Budaya, Rabu (10/6/2015).

Karnaval ini mengambil rute dari Terminal Marusu menuju Lapangan Pallantikang Maros dan menjadi tontonan ribuan masyarakat yang memadati tepi jalan.

Karnaval yang digelar untuk menyambut peringatan Hari Lahir ke-56 Kabupaten Maros ini diawali dengan penampilan barisan murid-murid TK dan PAUD memakai pakaian adat Bugis, Makassar, beberapa pakaian adat nusantara, serta seragam TNI dan Polri.

Barisan kecamatan, selain tampil dengan pakaian adat, juga mempertontonkan pertunjukan seni budaya khas asal kecamatan masing-masing. Semisal Kecamatan Tanralili yang tampil dengan prosesi pengantin.

Kecamatan Marusu yang menampilkan permainan paraga, Kecamatan Mandai dengan barisan berkuda, Kecamatan Lau menampilkan simponi kecapi dan sebagainya. Sejumlah kecamatan juga menampilkan tradisi Anggaru.

Bupati Maros HM Hatta Rahman, Wakil Bupati Maros HA Harmil Mattotorang, Ketua DPRD Maros A.S Chaidir Syam, bersama Muspida dan Kepala SKPD menerima penghormatan peserta di podium penghormatan.

Menurut Kepala Disbudpar Maros H Rahmat Burhanuddin, karnaval ini sebagai salah satu bentuk penggalian potensi budaya dari tiap kecamatan.

“Maros kaya akan budaya, karenanya karnaval ini menjadi salah satu wadah untuk menampilkan kekayaan budaya tiap kecamatan,” paparnya. (Ilham)

Tags: Harlah 56 Maros, Seni Budaya


Leave a Reply

Kabar Terbaru