Itsbat Nikah Gratis Pemkab Maros Diikuti 3.200 Pasang

Itsbat Nikah Gratis Pemkab Maros Diikuti 3.200 Pasang

Maros – Pemkab Maros melaunching itsbat nikah terpadu atau pengesahan pernikahan bagi warga Maros di Masjid Al Markaz Maros, Senin (15/6/2015). Itsbat nikah digelar untuk membantu warga Maros dalam melegalkan pernikahannya sesuai hukum negara.

Bupati Maros Ir HM Hatta Rahman MM yang merupakan penggagas acara ini, mengatakan, itsbat nikah ini bukan pernikahan massal melainkan mengesahkan pernikahan warga Maros yang telah lama melangsungkan pernikahan secara agama namun belum mendapatkan buku nikah.

“Warga yang tidak mendapatkan buku nikah, anaknya akan sulit mendapatkan akte kelahiran, dan KTP elektronik, bahkan mereka yang akan umroh kesulitan dalam mengurus paspor, karena itu kami menggelar itsbat nikah ini untuk membantu warga mengatasi semua permasalahan tersebut,” ujarnya.

Hingga saat ini pendaftar itsbat nikah sudah mencapai 3.200 pasang dan tidak akan dibatasi jumlahnya. Ini dimaksudkan agar warga Maros tidak ada lagi yang bermasalah dalam kepengurusan administrasi kependudukan.

Agar tidak dimanfaatkan oleh orang yang menikah tidak dengan semestinya, Bupati Maros meminta camat dan KUA selektif menyeleksi peserta itsbat.

“Ada lima golongan yang tidak bisa ikut di itsbat ini yakni yang ingin poligami, di bawah umur, salah satunya meninggal, ingin mendapatkan warisan, dan ingin cerai,” ujarnya.

Setelah itsbat nikah ini tidak ada lagi warga Maros yang tidak mempunyai akte kelahiran atau KTP elektronik. Itsbat nikah ini disebut terpadu karena peserta itsbat akan langsung mendapatkan buku nikah dan akte kelahiran untuk anak-anaknya seusai sidang.

Itsbat nikah ini digelar untuk memeriahkan hari lahir ke-56 Kabupaten Maros. Proses itsbat ini diperkirakan berlangsung berbulan-bulan karena proses sidang akan berlangsung di 14 kecamatan dengan menghadirkan saksi pernikahan.

Itsbat nikah ini menelan biaya Rp 251 ribu per pasang, semua biaya tersebut ditanggung oleh Bupati Maros HM Hatta Rahman. (Alim/Ilham)

Tags: Harlah 56 Maros, Keagamaan


Leave a Reply

Kabar Terbaru