Pemkab Maros Canangkan Hari Rabu Sebagai Fish Day

Pemkab Maros Canangkan Hari Rabu Sebagai Fish Day

Maros – Pemkab Maros mencanangkan hari Rabu sebagai Fish Day atau hari serba ikan. Pencanangan ini dilakukan oleh Bupati Maros HM Hatta Rahman, Senin (18/5/2015).

Hari serba ikan merupakan ajakan dan imbauan kepada masyarakat Maros agar mengkonsumsi ikan lebih banyak menuju pola pangan harapan (PPH) minimal 150 gram protein per kapita per hari.

“Ini dilakukan untuk meningkatkan derajat kesehatan dan kecerdasan serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia Maros,” ungkap Bupati Maros HM Hatta Rahman.

Selain itu juga untuk mendukung ketahanan pangan dan gizi masyarakat sehingga perlu meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya ikan sebagai bahan pangan yang mengandung protein berkualitas tinggi.

“Apalagi Maros potensi perikanannya besar dari laut, sungai, tambak sampai kolam,” paparnya.

Ikan juga mempunyai kisaran harga yang sangat bervariasi sehingga memenuhi semua segmen kelas ekonomi bahkan dengan biaya terbatas namun kebutuhan protein dapat tercukupi.

Sedangkan Kepala Dinas Perikanan Peternakan dan Kelautan Kabupaten Maros, H Ansharullah menuturkan pencanangan ini dimaksudkan untuk mebiasakan masyarakat khususnya anak sekolah agar makan ikan karena lebih sehat dan dapat mencerdaskan.

Untuk tahap awal, pencanangan hari serba ikan ini akan menyasar setiap kantin di sekolah, perguruan tinggi, instansi pemerintah dan swasta pada hari Rabu menyajikan produk ikan dan olahannya sebagai lauk utama.

Dalam acara ini juga diserahkan bantuan alat tangkap dan bibit ikan kepada sejumlah masyarakat. (Alfi)

Tags: Lain-lain


Leave a Reply

Kabar Terbaru