LKPJ Akhir Masa Jabatan Bupati dan Wabup Maros Diserahkan

LKPJ Akhir Masa Jabatan Bupati dan Wabup Maros Diserahkan

Maros — Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) tahun anggaran 2014 dan akhir masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) Maros periode 2010-2015 diserahkan ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Maros.

Penyerahan LKPJ Pemkab Maros. (Humas Maros)

LKPJ diserahkan oleh Wabup Maros HA Harmil Mattotorang dalam Rapat Paripurna DPRD Maros, Jumat (27/3/2015) sore. Paripurna ini dipimpin oleh Ketua DPRD Maros A.S Chaidir Syam dan Wakil Ketua DPRD Maros H.A Husain Rasul.

Dalam LKPJ ini dipaparkan kebijakan maupun capaian Pemkab Maros dalam periode 2010-2015. Tahun pertama merupakan tahun transisi dalam pemerintahan sehingga tidak ada pembangunan fisik.

“Kami fokus pada perbaikan manajemen keuangan dan sumber daya manusia, sehingga tidak ada pembangunan fisik. Nanti tahun ketiga hingga kelima pembangunan infrastruktur dilakukan,” paparnya.

Beberapa capaian itu, salah satunya pertumbuhan ekonomi pada tahun 2010 mencapai 7,3 persen dan tahun 2014 meningkat menjadi 9,42 persen dengan rata-rata pertumbuhan 6,90 persen. Kemudian pertumbuhan lapangan usaha sebesar 8,5 persen.

Sembilan sektor ekonomi pertumbuhannya mengalami peningkatan, yakni sektor bangunan sebesar 26,16 persen, menjadi sektor dengan pertumbuhan paling tinggi. Kemudian kedua, sektor industri pengolahan dengan rata-rata pertumbuhan sebesar 16,98 persen dan urutan ketiga sektor keuangan, persewaan dan jasa sebesar 12,81 persen.

Sektor selanjutnya adalah pertambangan sebesar 11,60 persen. Sektor listrik, gas dan air sebesar 10,18 persen. Sektor keenam adalah perdagangan, hotel dan restoran sebesar 10,12 persen. Ketujuh, sektor angkutan dan komunikasi sebesar 9,52 persen, urutan kedelapan sektor pertanian sebesar 5,61 persen dan terakhir jasa-jasa sebesar 4,03 persen.

Untuk sektor pertanian, meski terendah pertumbuhannya, namun peranannya dalam pembentukan perekonomian di Maros masih sangat besar.

“Rata-rata kontribusi sektor pertanian pada tahun 2010 sampai 2014 sebesar 32,83 persen dengan kontribusi tertinggi pada tahun 2011 sebesar 35 persen,” paparnya. (*)

Tags: Lain-lain


    Risna / Reply

    Kami dari forum Honorer Kab Maros mendukung sepenuhnya bapak Muh Hatta Rahman untuk memimpin kembali kab maros periode 2015-2020. Oppoki!!!!!

    ahmad / Reply

    Dulu waktu kampanye, pasangan cabup-cawabub menjanjikan untuk mengangkat semua tenaga honorer menjadi PNS, namun hingga akhir masa jabatannya janji tsb tinggal janji, bagaimana mau oppo kalo begini pak???

    budiawati / Reply

    siapapun pemimpinnya,….dia tetap manusia biasa, ada kekurangan dan kelebihannya,…yang jelas kota maros sudah menjadi lebih baik,,,,,terima kasih kepada pak bupati Hatta Rahman yang sudah menjadikan maros lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kabar Terbaru