Pemkab Maros Tertibkan Papan Reklame Tak Bayar Pajak

Pemkab Maros Tertibkan Papan Reklame Tak Bayar Pajak

Maros – Pemkab Maros menertibkan sejumlah papan reklame (billboard) yang tak membayar pajak dan yang merusak keindahan. Penertiban dilakukan di sejumlah titik reklame di jalan Jenderal Sudirman Maros dengan memberi tanda silang menggunakan cat semprot pada tiang reklame yang harus ditertibkan, Rabu (4/2/2015).

Bupati Maros HM Hatta Rahman memberi tanda pada papan reklame. (Humas Maros)

“Penertiban reklame ini kami lakukan karena banyak reklame yang tidak membayar pajak. Ada juga reklame yang menganggu keindahan kota,” ujarnya didampingi Kadispenda Maros Andi Malarangang.

Ditambahkannya, reklame rokok yang terlanjur kontrak dan sisa menunggu masa kontraknya habis tahun ini, tidak akan ditertibkan.

“Kami menghargai kontrak yang telah ditandatangani sebelumnya. Kami berikan kesempatan reklame berakhir dan tidak akan diperpanjang lagi,” paparnya.

Sementara Sekretaris Dispenda Maros, M Ferdiansyah mengatakan, Dispenda Maros tidak langsung menertibkan reklame yang tidak membayar pajak, namun akan berkomunikasi dengan pemilik reklame agar membayar pajak.

“Namun jika kita telah berkomunikasi dan ternyata pemilik papan reklame tidak mempunyai itikad baik, baru kami akan bertindak tegas,” tegasnya.

Pada tahun 2015 ini target PAD Maros mencapai Rp 1,5 miliar. Target ini lebih rendah dari tahun lalu yang mencapai Rp 1,8 miiar. Target tahun lalu juga tidak tercapai karena adanya pembatasan pemasangan reklame rokok.

Target diturunkan karena Maros melarang pemasangan reklame rokok padahal pengiklan yang paling banyak adalah industri rokok. Namun Bupati Maros lebih memilih menjaga generasi dari asap rokok dibanding mementingkan pendapatan daerah. (Alim)

Tags: Lain-lain


Leave a Reply

Kabar Terbaru