Pemkab Maros Lakukan Perbaikan Irigasi Persawahan

Pemkab Maros Lakukan Perbaikan Irigasi Persawahan

Maros – Pemkab Maros akan melakukan perbaikan jaringan irigasi untuk 16 ribu hektar areal persawahan. Peletakan batu pertama pembangunan irigasi ini dilakukan oleh Bupati Maros HM Hatta Rahman bersama Komandan Kodim 1422 Maros Letkol Inf Sunarto di Desa Alatengae Kecamatan Bantimurung, Selasa (20/1/2015).

Peletakan batu pertama irigasi sawah Maros. (Humas Maros)

Bupati Maros HM Hatta Rahman mengatakan, Pemkab Maros menyiapkan anggaran sebesar Rp4 Miliar untuk program ini. Saat ini ada 7 ribu hektar sawah yang melakukan sistem IP 300 atau musim tanam/panen tiga kali setahun. Sedangkan tiga sampai empat ribu hektare sawah masih tadah hujan.

“Karena permasalahan utama dari sawah tadah hujan adalah tidak adanya jaringan irigasi yang baik sehingga petani hanya mengandalkan hujan,” ujarnya saat peletakan batu pertama perbaikan jaringan irigasi di Desa Alatengae Kecamatan Bantimurung, Selasa (20/1/2015).

Pembangunannya jaringan irigasi ini akan dilakukan bertahap dan berdasarkan skala prioritas. Sementara 16 ribu hektar sawah ini tersebar diseluruh kecamatan di Maros, seperti Kecamatan Bantimurung, Simbang dan Lau.

Sementara Dandim 1422 Maros Letkol Inf Sunarto mengemukakan, program pembangunan saluran irigasi persawahan ini merupakan program Kementerian Pertanian bekerjasama dengan TNI. Program ini dianggarkan Rp23 miliar.

“Ini program nasional, untuk Maros akan dilakukan perbaikan jaringan irigasi yang mengcover 16 ribu hektar areal persawahan,” ujarnya. (Alfi)

Tags: Sawah


Leave a Reply

Kabar Terbaru