Maros Dapat Bantuan Pengolahan Air Minum dari ADB

Maros Dapat Bantuan Pengolahan Air Minum dari ADB

Maros – Kabupaten Maros terpilih sebagai daerah yang akan mendapatkan bantuan sistim pengolahan air minum dari Asian Development Bank (ADB).

Bupati Maros HM Hatta Rahman bersama Tim ADB. (Ilham)

Untuk keperluan tersebut ADB melakukan uji kelayakan terhadap Maros. Uji kelayakan ini dilakukan sebagai persiapan dari proyek Sistem Pengaman Air Minum (SPAM) Ibukota Kecamatan (IKK) Marusu.

Menurut Deputy Team Leader ADB Billy L Pandey, rencananya ADB akan mendanai proyek IKK Marusu di Kabupaten Maros. Uji kelayakan sebelum mendanai proyek ini perlukan untuk melihat sejauh mana masyarakat membutuhkan air bersih khususnya di Kecamatan Marusu.

“Alasan dipilihnya Maros sebagai percontohan itu seleksinya dari Kementerian Pekerjaan Umum (PU), ada beberapa kriteria yang dipenuhi dan Maros menjadi salah satu kabupaten yang terpilih,” paparnya di Kantor Bupati Maros, Senin (19/1/2015).

Sementara Direktur Utama Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Maros, Abd Baddar mengatakan, jika sebelumnya IKK hanya mendanai pengambilan sumber air dan pengolahannya saja, maka IKK Marusu ini akan didanai hingga jalur distribusi air ke rumah-rumah warga.

“Tidak ada dana sharing, mereka mendanai hingga sambungan sampai ke rumah warga,” paparnya.

Jika proyek IKK Marusu ini terealisasi maka sebanyak 5 ribu sambungan akan disediakan oleh IKK Marusu ini. Jumlah ini dapat menutupi kebutuhan air bersih se-Kecamatan Marusu. (Alfi)


Leave a Reply

Kabar Terbaru