Cegah Banjir, Bupati Maros Programkan Perbaikan Drainase

Cegah Banjir, Bupati Maros Programkan Perbaikan Drainase

Maros – Bupati Maros HM Hatta Rahman memprogramkan memperbaikan drainase pada tahun anggaran 2015 ini. Perbaikan drainase ini dimaksudkan agar tidak lagi terjadi banjir besar ataupun genangan air di daerah hilir.

Bupati Maros HM Hatta Rahman saat pantau banjir beberapa waktu lalu. (Foto: Ilham)

Pasalnya, banjir kerap terjadi bukan hanya disebabkan daerah tersebut berada di dataran rendah atau hilir tapi juga drainase yang sudah rusak. Drainase yang akan diperbaiki ini akan difokuskan pada daerah yang memang menjadi langganan banjir dengan drainase yang buruk seperti Kecamatan Maros Baru dan Lau.

Untuk perbaikan ini, disiapkan sedikitnya Rp2 Miliar  anggaran yang berasal dari APBD Maros 2015.

“Setelah meninjau, kami melihat ada beberapa drainase yang memang perlu perbaikan tapi ada juga yang sebenarnya masih bagus tapi buntu karena banyaknya sampah, ada juga yang mengalami pendangkalan sehingga perlu dikeruk,” paparnya, Senin (26/1/2015) kemarin.

Ditambahkannya, kesadaran masyarakat juga diperlukan untuk tidak membuang sampah baik di sungai, kanal maupun saluran drainase. Sebab pencegahan banjir tidak hanya menjadi tugas pemerintah tapi masyarakat memiliki peranan penting untuk senantiasa menjaga kebersihan lingkungan.

Karenanya, dirinya sepekan terakhir cukup sering meninjau kondisi daerah. Termasuk daerah-daerah yang akan dibanguni jembatan, lanjutan pekerjaan betonisasi serta drainase ini.

Sementara Kabag Humas Pemkab Maros Kamaluddin mengatakan, kunjungan Bupati Maros untuk melihat kebutuhan masyarakat Maros.

“Setiap tahun beliau melakukan ini, untuk mengecek langsung serta mendengar kebutuhan masyarakatnya. Beberapa hari yang lalu meninjau rencana pembangunan jembatan, ada 15 jembatan yang akan dibangun tahun 2015 ini,” jelasnya.

Dilanjutkannya, Bupati Maros juga meninjau pembangunan dan perbaikan jalan yang masih tersisa dan belum rampung, setelah itu perbaikan drainase untuk mencegah banjir. Agar pembangunan ini bisa tepat sasaran sesuai kebutuhan masyarakat dan manfaatnya betul-betul dirasakan masyarakat Maros. (Alim/Alfi)

Tags: Lain-lain


Leave a Reply

Kabar Terbaru