Penyerapan DAK Maros Tertinggi di Sulsel

Penyerapan DAK Maros Tertinggi di Sulsel

Maros – Penyerapan Dana Alokasi Khusus (DAK) Kabupaten Maros untuk tahun 2014 telah mencapai 86,66 persen. Persentase penyerapan anggaran DAK ini merupakan tertinggi di Sulsel dan kelima tertinggi untuk seluruh Indonesia.

Rakor Pemkab Maros. (Foto: Ilham)

Bupati Maros HM Hatta Rahman menuturkan, berdasarkan hasil rekapitulasi penyerapan, DAK Maros tertinggi di Sulsel untuk laporan realisasi DAK triwulan ketiga tahun 2014. Jumlah DAK Kabupaten Maros tahun 2014 mencapai Rp 87 miliar.

“Cepatnya realisasi dan penyerapan DAK di Maros karena Pemkab Maros mengawali proses lelang lebih cepat. Sehingga penyerapannya juga cepat. Karena kalau proses lelang lamban maka dapat dipastikan proses pembangunan juga lamban dan berakhir pada penyerapan anggaran juga lamban,” katanya, Senin (24/11/2014) lalu.

Progres penyerapan anggaran harus cepat karena ini menjadi indikator penilaian pemerintah pusat dalam menggelontorkan jumlah DAK tiap tahun.

Peningkatan anggaran DAK yang didapat karena Maros menjadi salah satu kabupaten tercepat dalam realisasi DAK. Tahun 2013 lalu, DAK Maros sebesar Rp67 miliar, sedangkan tahun 2014 meningkat menjadi Rp87 miliar.

Dana DAK ini tersebar dibeberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) seperti Dinas Pendidikan, Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Kesehatan, Dinas Kehutanan dan Perkebunan, serta Dinas Tata Ruang.

Dinas Pertanian, Dinas Perhubungan, Dinas Koperindag, Dinas Peternakan dan Perikanan, Badan Penyuluh dan Ketahanan Pangan, juga RSUD Salewangan. (Alfi)

Tags: Keuangan


Leave a Reply

Kabar Terbaru