Maros Lakukan Penguatan Penerapan e-Government

Maros Lakukan Penguatan Penerapan e-Government

Maros – Pemkab Maros melakukan penguatan penerapan e-Government melalui aplikasi penggunaan aplikasi Manajemen Integrasi Informasi dan Pertukaran Data (MANTRA) dan Administrasi Perkantoran Maya (SiMAYA).

Sosialisasi dan pelatihan aplikasi MANTRA dan SiMAYA di Maros. (Foto: Ilham)

Untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia dalam implementasi e-government di Kabupaten Maros ini, Kantor Komunikasi dan Informasi Kabupaten Maros menggelar sosialisasi dan pelatihan aplikasi MANTRA dan SiMAYA.

Sosialisasi dan pelatihan ini juga bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas pengelolaan administrasi perkantoran melalui surat-menyurat dengan memanfaatkan tekhnologi informasi dan komunikasi.

Serta dimaksudkan agar terwujud sunergitas antara pemerintah pusat dan daerah dalam mendukung implementasi e-government dan meningkatkan pemanfaatan tekhnologi informasi dan komunikasi dalam menjalankan tata kelola pemerintahan yang baik Kabupaten Maros.

Sosialisasi dan pelatihan yang pertama kali digelar di Sulsel ini dilaksanakan selama dua hari, 29-30 Oktober di Baruga Kantor Bupati Maros. Materi dalam pelatihan ini diberikan langsung oleh narasumber dan instruktur dari Direktorat e-Government Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.

Bupati Maros HM Hatta Rahman yang hadir menyampaikan materi umum mengemukakan aplikasi ini akan merubah sistem kerja Pemkab Maros dari sistem konvensional menjadi elektronik.

“Saya juga meminta para PNS Maros menggunakan internet secara positif, dengan pemanfaatan tekhnologi komunikasi dan informasi untuk menunjang pekerjaan dan tugas kantor,” paparnya, Kamis (30/10/2014).

Melalui aplikasi MANTRA, pertukaran data menjadi lebih efisien, keamanan pertukaran data dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Sementara dengan aplikasi SiMAYA, disposisi surat masuk tidak lagi menggunakan kertas namun secara elektronik baik dari komputer maupun dari gadget. (Alfi)


Leave a Reply

Kabar Terbaru