Bupati Maros Rancang Bendungan Terbesar di Sulsel

Bupati Maros Rancang Bendungan Terbesar di Sulsel

Maros – Bupati Maros HM Hatta Rahman akan membuat bendungan dengan kapasitas terbesar di Sulawesi Selatan. Ini dilakukan untuk menyiasati kesulitan air petani di musim kemarau.

Bupati Maros HM Hatta Rahman dalam sebuah wawancara dengan stasiun tivi nasional. (Foto: Ilham)

Hal tersebut dikatakannya di sela-sela panen raya kedele di Desa Je’ne Taesa Kecamatan Simbang Kabupaten Maros, Selasa (28/10/2014) pekan lalu.

“Kami sudah mencari daerah cekungan dan kami menemukannya di sekitar Leang Leang. Kalau dibendung cekungan tersebut bisa menjadi bendungan yang dapat menampung air sekitar dua juta kubik,” ujarnya.

Ditambahkanya, bila rencana tersebut direalisasikan Maros tidak lagi kesulitan air di musim kemarau. Sepanjang tahun air dari sungai-sungai kita terbuang percuma. Nantinya air sungai dari pegunungan akan kita tampung selama musim penghujan dan akan kita salurkan pada musim kemarau seperti ini.

Menurutnya, dengan kapasitas sebesar 2 juta ton, kapasitas bendungan tersebut akan terbesar di Sulsel mengalahkan Bendungan Bili bili yang kapasitasnya hanya sekitar 1 juta ton, ujarnya.

Saat ini Maros kekurangan air irigasi kecuali wilayah yang berada di sekitar Kecamatan Simbang dan Kecamatan Bantimurung. Di wilayah tersebut petani bisa panen selama tiga kali setahun. (Alim)

Tags: Infrastruktur


Leave a Reply

Kabar Terbaru