Bupati Maros Gagas Pelayanan Kesehatan Berbasis KTP

Bupati Maros Gagas Pelayanan Kesehatan Berbasis KTP

Maros – Bupati Maros Ir HM Hatta Rahman MM menggagas pelayanan kesehatan berdasarkan kartu tanda penduduk (KTP) elektronik. Warga yang ingin memeriksakan kesehatan di rumah sakit atau di puskesmas cukup memperlihatkan KTP.

Rakerda Kesehatan Maros. (Foto: Ilham)

Hal tersebut diungkapkannya saat membuka rapat kerja kesehatan daerah Dinas Kesehatan Kabupaten Maros di Baruga Kantor Bupati Maros, Selasa (21/10/2014).

“Jadi harus sinkron antara dinas catatan sipil dan kependudukan, dinas kesehatan, rumah sakit, dan puskesmas. Warga yang akan memeriksakan kesehatan cukup memperlihatkan KTP, tidak usah lagi melampirkan surat keterangan dan sebagainya,” ungkapnya.

Selain itu akan dibentuk komite bidang kesehatan yang akan evalusi program dibidang kesehatan gratis.

“Komite ini nantinya akan mengurus sendiri program kesehatan gratis, akan kita pisahkan dari rumah sakit dan puskesmas. Hatta juga mengingatkan agar puskesmas di Maros segera menjadi badan layanan umum (BLU).

Kemudian diingatkan agar kepala puskesmas tidak lagi memakai ambulans menjadi kendaraan operasionalnya. (Alim)


    dokterpinterkadua / Reply

    Patut diapresiasi Gagasan ini, tetapi pada prinsipnya…esensi pelayanan kesehatan bukan soal pemberian pengobatan ‘gratis’nya, tetapi lebih kepada peningkatan mutu pelayanan, dan kualitas pelayanan yg diberikan pihak rumah sakit yg ada di Kab.Maros itu sendiri. Mengenai hal tersebut RS. Salewangan amat sangat jauuuuh sekali dari harapan masyarakat Maros, saya sebagai masyarakat mengharapkan pihak terkait yakni Pemerintah Kab. Maros dan Manajemen RS Salewangan, Puseksmas yg tersebar diseluruh Kab. Maros, meng-evaluasi kembali sistem pelayanan yg selama ini berjalan, terutama mutu SDM-nya, agar supaya tercipta pelayanan kesehatan yg diharapkan mampu memberikan manfaat yg lebih besar bagi masyarakat Kab. Maros. Terima Kasih.

    sibudikk / Reply

    saluuut… gagasanx bagus banget.. tapi jangan asal gratis aja tapi “pelayananx buruukk”…!!!!!
    krn begitulah kenyataanx…

Leave a Reply

Kabar Terbaru