Kepala LAN RI Apresiasi Inovasi Bupati Maros

Kepala LAN RI Apresiasi Inovasi Bupati Maros

Maros – Kepala Lembaga Administrasi Negera (LAN) RI Prof DR Agus Dwiyanto MPA mengakui pembangunan di Pemkab Maros sudah berada di jalur yang tepat (on the track). Hal ini ia ungkapkan saat menjadi pembicara dalam seminar inovasi di Ruang Pola Kantor Bupati Maros, Rabu (24/9/2014).

Ceramah Kepala LAN RI. (Foto: Ilham)

“Pemkab Maros sudah berada di jalur yang tepat, sudah on the track. Banyak langkah-langkah inovatif yang telah dilakukan misalnya saja kegiatan berbasis eselon IV,” kata Agus Dwiyanto.

Ia menambahkan, LAN akan mendokumentasikan inovasi di setiap daerah lalu mengkajinya apakah bisa diterapkan secara nasional atau tidak, ujarnya. Ia mengaku telah melihat langsung inovasi-inovasi yang dilakukan di Maros.

Menurutnya, pada 2015 nanti ASEAN sudah menganut sistem ekonomi terbuka. Itu artinya warga Maros akan bersaing dengan negara lainnya.

“Kita akan bersaing dengan negara lain, untuk menghadapinya mungkin kita mempersingkat sistem birokrasi kita. Makanya kita harus melakukan inovasi untuk bersaing dengan global. Caranya, survive dengan menjalankan pemerintahan yang bersih,” katanya.

Inovasi di sektor publik yakni gagasannya baru, diterapkan pada salah satu sektor publik, dan mampu memberi nilai tambah pada organisasi.

Sementara Bupati Maros Ir HM Hatta Rahman, mengatakan, pihaknya telah melakukan banyak inovasi dalam mengembangkan Kabupaten Maros. Misalnya dengan membuat pokja perizinan yang memangkas waktu perizinan dan membuat program kerja berbasis eselon IV,” katanya lagi.

Selain Kepala LAN, ceramah inovasi tata kelola pemerintahan ini juga dihadiri Kepala Bidang Kajian Kebijakan dan Inovasi Administrasi LAN Makassar Dr Sulaeman Fattah MSi, dan Deputi Bidang Diklat Aparatur LAN RI Dr Muh Idris MSi. Kegiatan ini diikuti kepala SKPD, camat, lurah, ratusan PNS Maros. (Alim)

Tags: Nasional


Leave a Reply

Kabar Terbaru