Bupati Maros Presentasikan PTB Untuk Penghargaan Perkotaan

Bupati Maros Presentasikan PTB Untuk Penghargaan Perkotaan

Jakarta – Bupati Maros HM Hatta Rahman mempresentasikan pemanfaatan kolam buatan di pusat kota Maros menjadi pusat kuliner yang dikenal dengan nama Pantai Tak Berombak (PTB).

Bupati Maros HM Hatta Rahman saat mempresentasikan PTB di Jakarta. (Foto: Adnan)

Presentasi ini dilakukan sebagai bagian dari penilaian penghargaan Inovasi Manajemen Perkotaan (IMP) 2014 Bidang Penataan Pedagang Kaki Lima (PKL) dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI.

Presentase dilakukan di depan tim juri dan peserta lainnya di Hotel Kaisar Jakarta Selatan, Rabu (17/9/2014) malam lalu.

Bupati Maros memaparkan penataan PTB selama sekitar 20 menit dan menjawab pertanyaan juri juga sekitar 20 menit. Kabupaten Maros satu-satunya kota di Indonesia timur yang lolos seleksi untuk mendapatkan Penghargaan IMP 2014.

Dulunya PTB hanya kolam biasa yang tidak dimanfaatkan. Di sisi lain PKL Maros berdagang di pinggiran jalan yang terkadang menyebabkan kemacetan. Nama PTB sendiri merujuk pada pusat jajanan Makassar pantai Losari namun tanpa ombak karena hanya kolam buatan.

Pihaknya kemudian berinisiatif menjadikan kolam tersebut tempat kuliner. Awalnya banyak PKL yang menolak masuk karena takut sepi pembeli, sekarang mereka malah kewalahan melayani pembeli.

Maros dianggap berhasil merelokasi PKL ketempat yang lebih baik dan meningkatkan pendapatan PKL sekaligus menjadi tempat hiburan bagi masyarakat Maros. Tim penilai juga kagum karena di PTB ada WiFi gratis dan tidak memungut retribusi pada PKL.

Dalam presentasi ini, Bupati Maros memboyong beberapa Kepala SKPD yang bersinergi dengan pengelolaan PTB seperti Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Dinas Perhubungan, Satpol PP, Camat Turikale dan pengelola PTB serta dihadiri Ketua DPRD Maros A.S Chaidir Syam dari unsur Muspida.

Ada delapan kepala daerah yang melakukan presentasi dalam acara ini, yakni Kabupaten Maros (Sulsel), Balangan (Kalsel), Banyuwangi (Jatim), Malang (Jatim), Sleman (DI Yogyakarta), Tarakan (Kalut), Surabaya (Jatim) dan Magelang (Jateng). (Alfi/Alim/Ilham)

Tags: Perdagangan, Prestasi


    Qina / Reply

    pengumuman seleksi berkas cpns 2014 kapan yach???

    wawan / Reply

    kapan pengumuman seleksi lulus berkas cpns maros.. ??

    wawan / Reply

    mohon infonya kapan pengumuman hasil seleksi lulus berkas cpns maros ??

Leave a Reply

Kabar Terbaru