Bupati Maros Panen Perdana Rumput Laut Pesisir

Bupati Maros Panen Perdana Rumput Laut Pesisir

Maros – Panen perdana rumput laut dengan menggunakan areal pesisir digelar di Dusun Binanga Sangkara Desa Ampekale Kecamatan Bontoa, Kamis (21/8/2014) kemarin.

Bupati Maros HM Hatta Rahman menyerahkan alat budidaya rumput laut. (Foto: Ilham)

Bupati Maros HM Hatta Rahman yang menghadiri panen ini mengatakan, pengembangan rumput laut di wilayah pesisir ini nantinya bisa berkembang.

“Kita optimis ini bisa berkembang baik. Walaupun masyarakat awalnya pesimis dengan hasil pengembangan rumput laut diwilayah pesisir dengan alasan dangkal. Tapi sekarang hasilnya cukup memuaskan,” sebutnya.

Untuk menghindari terjadinya konflik antar petani rumput laut nantinya akan dilakukan pemetaan lokasi. Karena untuk saat ini tidak ada yang membatasi.

“Kalau laut kan tidak ada yang punya, jangan sampai terjadi saling klaim dari masyarakat jadi harus ada pemetaan lokasi,” ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Peternakan, Kelautan dan Perikanan (DPKP) Maros, Ansharullah mengatakan pengembangan budidaya rumput laut dengan menggunakan lahan pesisir merupakan pertama kali dilakukan setelah sebelumnya sukses dilakukan di area tambak.

Diakuinya hasil panen dengan menggunakan media pesisir lebih bagus dibandingkan diareal tambak. Meski demikian dari segi resiko yang terjadi lebih tinggi resiko di pesisir dibandingkan di areal tambak. Sebab banyak yang lalu lalang dan tanaman rumput laut bisa saja rusak. (Alfi)

Tags: Potensi


Leave a Reply

Kabar Terbaru