Pemkab Maros Pacu Pembangunan Puskesmas

Pemkab Maros Pacu Pembangunan Puskesmas

Bupati Maros HM Hatta Rahman dan Kadis Kesehatan Maros dr Firman Jaya. (Foto: Ilham)

Maros – Pemkab Maros terus memacu pembangunan. Termasuk memprioritaskan pembangunan bidang kesehatan.

Untuk tahun 2014 ini, sedikitnya ada enam puskesmas yang akan diprioritaskan pembangunannya.

Puskesmas yang tahun ini mendapat kucuran anggaran untuk pembangunan gedung yakni Puskesmas Simbang, Bontoa, Marusu, Maros Baru, Bantimurung dan Tanralili.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Kesehatan dr Firman Jaya.

Untuk puskesmas Simbang akan ada pembangunan baru gedung perawatan dengan anggaran Rp800 juta. Puskesmas Bontoa ada pembangunan gedung perawatan dengan nilai yang sama.

“Tahun lalu dan tahun ini, Bontoa memang mendapat prioritas pembangunan karena lokasi puskesmasnya dipindahkan sehingga semua bangunannya baru. Tahun ini pembangunan lanjutan,” paparnya kepada wartawan.

Selain itu Puskesmas Maros Baru juga akan direlokasi tahun ini dengan nilai anggaran Rp2,2 miliar. Bangunan baru untuk Puskesmas Maros Baru yakni kantor, poliklinik, rumah dinas dokter umum dan dokter gigi.

Untuk puskesmas Marusu juga akan dibangun kantor dan poliklinik dengan anggaran sebesar Rp800 juta. Puskesmas lain yang akan dilanjutkan pembangunannya yakni gedung perawatan Puskesmas Bantimurung senilai Rp800 juta.

Juga pembangunan pagar Puskesmas Tanralili dan Mandai masing-masing anggaran sebesar Rp60 juta. Tidak hanya itu, kantor Dinas Kesehatan juga akan ditambah dengan nilai Rp900 juta.

Anggaran yang digunakan pembangunan puskesmas berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Kesehatan tahun 2014. Total dana DAK Kesehatan untuk Maros sebesar Rp4,7 miliar atau naik dari tahun lalu sebesar Rp4,2 miliar.

Sedangkan untuk pembangunan tambahan gedung Dinkes berasal dari Dana Alokasi Umum (DAU) tahun 2014. (Alfi)

Tags: Lain-lain


Leave a Reply

Kabar Terbaru