Pemkab Maros Apel Siaga Pengamanan Pemilu 2014

Pemkab Maros Apel Siaga Pengamanan Pemilu 2014

Maros – Pemkab Maros menggelar apel siaga pengamanan Pemilu 2014 di halaman kantor Bupati Maros, Jumat (4/4/2014) kemarin.

Apel siaga ini menjadi bagian dari langkah antisipatif menghadapi Pemilu 2014 dengan melibatkan Satpol PP dan Linmas dalam meningkatkan kesiapsiagaan menjaga ketertiban umum dan ketentraman masyarakat serta perlindungan masyarakat.

Bupati Maros HM Hatta Rahman memeriksa pasukan dalam apel siaga pengamanan Pemilu 2014. (Foto: Ilham)

Bupati Maros HM Hatta Rahman mengemukakan, faktor penting yang harus benar-benar diperhatikan dalam mengawal pelaksanaan Pemilu 2014 adalah melaksanakan koordinasi, integrasi dan singkronisasi. Baik secara vertikal maupun horisontal dengan instansi terkait seperti KPU Kabupaten Maros, Panwas Kabupaten Maros, Polri dan TNI.

“Satpol PP dan Linmas harus tetap bersinergi dengan aparat keamanan lainnya, didasarkan atas hubungan fungsional saling membantu dan saling menghormati dengan mengutamakan kepentingan umum dan memperhatikan hirarki serta kode etik birokrasi,” paparnya.

Hal lain yang perlu dikembangkan adalah peran aktif masyarakat melalui tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat dalam rangka mencegah dan menyelesaikan potensi gangguan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat dengan mengedepankan prinsip-prinsip kearifan lokal.

Sementara Kepala Seksi Bina Potensi Satpol PP dan Linmas Maros, AM Darwis, mengemukakan, apel siaga ini merupakan bukti nyata kesiapsiagaan Satpol PP dan Linmas Maros siap mengawal pelaksanaan Pemilu 2014. Sebelum dan setelah pemungutan suara.

“Secara teknis, akan ada dua personil pengamanan di setiap TPS, yakni satu orang anggota Linmas dan satu orang anggota Satpol PP. Hal ini untuk optimalisasi penyelenggaraan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat, serta perlindungan masyarakat,” ujarnya. (Ilham)

Tags: Satpol PP


Leave a Reply

Kabar Terbaru