Maros Tetapkan Kawasan Tanpa Rokok

Maros Tetapkan Kawasan Tanpa Rokok

Sosialisasi Peraturan Bupati Maros nomor 17 tahun 2014 tantang Kawasan Tanpa Rokok. (Foto: Adnan)

Maros – Pemkab Maros menetapkan sejumlah tempat sebagai kawasan tanpa rokok.

Tempat-tempat tersebut adalah perkantoran pemerintah daerah, tempat pelayanan kesehatan, tempat proses belajar-mengajar, tempat anak bermain, tenpat ibadah, serta tempat kerja.

Demikian dikemukakan Bupati Maros HM Hatta Rahman dalam sosialisasi Peraturan Bupati Maros nomor 17 tahun 2014 tantang Kawasan Tanpa Rokok yang digelar di ruang pertemuan kantor Bupati Maros, Kamis (24/4/2014) lalu.

Peraturan ini bertujuan memberikan ruang dan lingkungan yang bersih dan sehat bagi masyarakat. Serta memberikan perlindungan dari bahaya asap rokok bagi perokok aktif dan perokok pasif. Serta untuk mencegah perokok pemula.

“Penetapan kawasan tanpa rokok ini didasarkan atas kepentingan kualitas kesehatan manusia. Serta meningkatkan derajat kualitas kesehatan masyarakat Maros,” paparnya.

Ditambahkannya, Maros sebenarnya termasuk terlambat membuat aturan kawasan tanpa rokok, jika dibandingkan dengan sejumlah kota di Indonesia, seperti Jakarta.

Meski ada kawasan tanpa rokok, untuk perokok telah disiapkan ruang khusus untuk merokok atau smoking area. Saat ini smoking area sudah tersedia di kantor Bupati Maros dan di RSUD Salewangan Maros.

Sosialisasi ini digelar Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Perlindungan Masyarakat (Linmas) Kabupaten Maros ini bertujuan agar penegakan aturan larangan merokok di tempat-tempat yang ditentukan mendapat respon positif masyarakat.

Menurut Kepala Bidang Penegakan Perundang-undangan Satpol PP dan Linmas Maros, Suwardi Sawedi, sosialisasi digelar dalam rangka penegakan dan pengawalan peraturan tentang kawasan tanpa rokok ini,” ujarnya.

Sosialisasi diikuti organisasi pemuda, lembaga kemahasiswaan, organisasi perempuan, tokoh masyarakat, tokoh agama, kepala sekolah serta pelajar. (Ilham)

Tags: Lain-lain, Satpol PP


Leave a Reply

Kabar Terbaru