Maros Bimtek Tata Cara Kelola Pajak untuk Kades

Maros Bimtek Tata Cara Kelola Pajak untuk Kades

Bimtek tata cara pengelolaan pajak. (Foto: Adnan)

Maros – Sebanyak 80 Kepala Desa (Kades) se Kabupaten Maros mengikuti bimbingan teknis tata cara pengelolaan pajak. Bukan hanya seluruh kades, bimtek ini juga diikuti oleh seluruh bendahara desa.

Bimtek digelar selama empat hari, dibagi dalam dua angkatan, 40 kades dan bendahara desa selama dua hari, serta 40 desa dan bendahara juga dua hari.

Menurut Kepala Bidang Perbendaharaan dan Akuntansi Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Kabupaten Maros Abd Rais, bimtek digelar mengingat pengalaman tahun lalu banyak kades yang belum paham tata cara pengelolaan pajak sehingga saat pembuatan laporan pertanggungjawaban banyak terjadi kesalahan.

“Tidak semua kades paham cara membayar pajak. Misalnya ada beberapa belanja yang mestinya dikenakan pajak tapi tidak dikenakan pungutan pajak,” ujarnya, Rabu (23/4/2014).

Akibat kurangnya pemahaman ini berimplikasi pada jumlah penerimaan pajak daerah. Melalui bimtek ini penerimaan pajak tahun 2014 ini dapat meningkat dibanding tahun lalu.

Untuk pemateri bimtek, pihak BPKD bekerja sama dengan kantor pajak pratama kabupaten Maros. Selain itu, dari bimtek ini dapat tercipta tata kelola perpajakan sesuai dengan undang-undang yang berlaku. (Alfi)

Tags: Keuangan


Leave a Reply

Kabar Terbaru