Home / Lainnya / Bupati Maros Motivasi Peserta Diklatpim III Sulbar

Bupati Maros Motivasi Peserta Diklatpim III Sulbar

Diklat Sulbar
Bupati Maros Ir HM Hatta Rahman MM menyampaikan materi untuk peserta Diklatpim III Sulbar di ruang pertemuan kantor Bupati Maros. (Foto: Ilham)

Maros – Bupati Maros Ir HM Hatta Rahman MM menjadi pemateri pada peserta Diklatpim III Sulbar di ruang pertemuan kantor Bupati Maros, Senin (7/4/2014).

Ir HM Hatta Rahman MM membagikan ilmunya yang diperoleh di Harvard Kennedy School (HKS), Boston, pada 29 peserta diklat.

Sebelum membawakan materi inovasi tata kelola pemerintahan yang baik, Hatta membagikan oleole berupa motivasi kepemimpinan yang juga berasal dari Harvard Kennedy School (HKS), Boston.

Oleole itu berupa film animasi tentang cacing yang berusaha menyelamatkan diri dari ancaman dimangsa burung, digilas mobil, terinjak manusia, dimakan katak dan ikan, serta bahaya lainnya.

Akhirnya cacing merasa nyaman saat masuk ke dalam sebuah lubang. Ia betah karena bisa terhindar dari semua ancaman tersebut. Namun justru nyawanya melayang di dalam lubang itu setelah ditimpa bola. Rupanya lubang itu adalah lubang golf yang sebelumnya ia anggap aman.

Menurutnya, video itu menggambarkan kondisi yang harus dihadapi pemimpin. Ia mengatakan, pimpinan yang baik harus menghadapi masalah dan menyelesaikannya, bukan menghindarinya seperti cacing tersebut. Ia juga membagikan cerita yang bisa mengetahui karakter seseorang.

Ir HM Hatta Rahman MM juga menceritakan pengalamnnya diawal memimpin Maros 2010 lalu. Ketika itu Maros menghadapi banyak masalah namun bisa diselesaikan hingga akhirnya Maros meraih IGA Award 2013.

Menurutnya, SDM bisa diandalkan bila memiliki ilmu pengetahuan (knowlodge), keterampilan (skill), dan sikap (attitude). (Alim)

Check Also

Wabup Maros Hj Suhartina Bohari Jadi Ketua Kwarcab Pramuka Maros 2021-2026

Maros –  Hj Suhartina Bohari terpilih secara aklamasi dalam pelaksanaan Musyawarah Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

.