Pemkab Maros Kembali Penyertaan Modal PDAM

Pemkab Maros Kembali Penyertaan Modal PDAM

Kantor Bupati Maros. (Foto: Humas Pemkab Maros)

Maros – Pemkab Maros kembali melakukan penyertaan modal di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) tahun 2014 ini sebesar Rp3 miliar.

Menurut Direktur Utama PDAM Maros, Abd Baddar, ini adalah tahun kedua Pemkab Maros menyertakan modalnya diperusahaan yang dipimpinnya. Tahun 2013 lalu, Pemkab Maros menanam modal sebesar Rp2 miliar.

“Total penyertaan modal sebenarnya ada Rp5 miliar, tapi dicairkan bertahap. Tahun lalu Rp2 miliar, tahun ini Rp3 miliar,” tuturnya kepada wartawan beberapa waktu lalu.

Abd Baddar menjelaskan untuk tahun 2013 lalu telah digunakan untuk pengadaan pompa distribusi air sebanyak tiga unit, pipa serta aksesoris. Sedangkan untuk tahun ini akan dilakukan pengadaan genset dengan kapasitas 350 kilo volt ampere.

Genset kapasitas besar ini akan menjadi solusi jika terjadi pemadaman listrik oleh PLN, karena seringnya terjadi keluhan pelanggan jika listrik mati, air PDAM juga ikut tidak mengalir.

“Kami berharap tidak ada lagi gangguan aliran air saat terjadi listrik mati, karena selama ini kita sangat bergantung pada listrik PLN. Akibatnya jika listrik mati air PDAM juga ikut tidak mengalir. Saat ini memang ada genset tapi kapasitasnya sangat kecil, hanya sekitar 80 kva. Kapasitas itu tidak bisa mengcover kebutuhan listrik,” papar Abd Baddar.

Selain pengadaan genset, tahun ini PDAM Maros juga akan menambah meteran air dan selebihnya menambah jaringan distribusi.

Bupati Maros HM Hatta Rahman saat dikonfirmasi mengakui penyertaan modal ini. Dia mengatakan meski sifatnya penyertaan modal, tapi anggaran ini sebenarnya penerusan hibah dari lembaga AUSAID.

“Jadi ada bantuan sebesar Rp5 miliar dari AUSAID Australia tapi karena belum cair jadi namanya masih penyertaan modal. Nanti setelah ada laporan pertanggungjawabannya, baru bantuannya cair. Intinya pemerintah talangi dulu,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Maros, AS Chaidir Syam berharap penyertaan modal ini dapat segera mengatasi kebutuhan air bersih. Apalagi saat ini, PDAM Maros memang masih membutuhkan beberapa alat untuk mendukung kebutuhan air bersih di Maros. (*)

Tags: Keuangan, Perusda


Leave a Reply

Kabar Terbaru