2015, Maros Fokus Kembangkan Ekonomi Kerakyatan

2015, Maros Fokus Kembangkan Ekonomi Kerakyatan

Musrenbang RKPD 2015 tingkat Kabupaten Maros. (Foto: Ilham)

Maros – Wakil Bupati Maros HA Harmil Mattotorang membuka Musrenbang RKPD 2015 tingkat Kabupaten Maros, Kamis (6/3/2014).

Musrenbang ini dihadiri Muspida, kepala SKPD, camat, lurah, ketua organisasi, tokoh masyarakat, dan unsur pemuda. Perwakilan Bappeda Provinsi Sulsel juga hadir membawakan materi.

Dalam sambutannya, Wabup Maros mengemukakan, fokus pencapaian pada 2015 sangat fundamental dalam upaya pencapaian visi dan misi Kabupaten Maros periode 2010-2015.

Strategi dan kebijakan pembangunan tahun 2015 yang akan ditempuh adalah pencapaian kinerja perekonomian berbasis ekonomi kerakyatan dan potensi daerah secara kewilayahan dengan struktur ekonomi yang tumbuh dengan cepat.

Kebijakan lainnya yakni perluasan akses terhadap pemenuhan kebutuhan hidup dan pemerataan pendapatan masyarakat yang didukung oleh program pro rakyat tanpa tergantung pada pemerintah. Strategi 2015 lainnya yakni melanjutkan program tahun-tahun sebelumnya yang belum selesai.

Sementara Ketua Panitia Musrenbang RKPD 2015 yang juga Kabid Perencanaan Umum Bappeda Maros Andi Rais Noval mengatakan, tema pembangunan 2015 adalah pemantapan akselerasi pertumbuhan dan pemerataan ekonomi guna mengurangi kemiskinan.

Program prioritas 2015 di bidang sarana dan prasarana antara lain membangun pasar tradisional, membangun kawasan industri, membangun prasarana pariwisata, pemerintahan, pendidikan, kesehatan, sarana desa, keagamaan, pertanian, olahraga, kebudayaan, dan persampahan.

Prioritas di bidang ekonomi dan sosial budaya yakni pengembangan sektor unggulan perekonomian, ketersediaan, distribusi, mutu dan keamanan pangan, peningkatan investasi, daya saing produksi daerah, pengembangan obyek wisata, keterampilan angkatan kerja, permodalan usaha, dan masih banyak lagi.

Prioritas di bidang sumber daya alam yakni konservasi dan rehabilitasi SDA, pencemaran lingkungan hidup, pengembangan ruang terbuka hijau. (Alim)

Tags: Musrenbang


Leave a Reply

Kabar Terbaru