Pemkab Maros Pelatihan Peningkatan Kapasitas Anak

Pemkab Maros Pelatihan Peningkatan Kapasitas Anak

Pelatihan Peningkatan Kapasitas Anak Maros. (Foto: Humas Pemkab Maros)

Maros – Pemkab Maros melalui Bagian Pemberdayaan Perempuan menggelar pelatihan peningkatan kapasitas anak.

Pelatihan diikuti 35 peserta dari Forum Anak Kabupaten Maros dan dilaksanakan di ruang pertemuan kantor Bupati Maros, Senin (24/2/2014) kemarin.

Kepala Bagian Pemberdayaan Perempuan Setda Pemkab Maros, Hj Kartini mengemukakan, forum anak menjadi bagian dari program perlindungan anak terutama terkait hak berpendapat sebagai salah satu prinsip hak anak.

“Pelatihan ini untuk meningkatkan pemenuhan hak partisipasi anak, memberikan kesempatan anak untuk belajar berorganisasi, dan terbangunnya kemampuan anak dalam berorganisasi dan bernegosiasi,” ujarnya.

Sedangkan Kepala Subid Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Sulsel, Meisy Papayungan yang hadir menyampaikan materi, mengemukakan pelatihan ini untuk mengintergrasikan hak anak dalam pembangunan.

Hak anak itu meliputi tumbuh dan berkembang, juga perpartisipasi dalam proses pembangunan daerah.  Sekitar 30-35 persen penduduk adalah anak. Sehingga pemerintah daerah patut mengetahui kebutuhan anak.

“Selain itu, anak juga harus ikut dalam proses pembangunan, dalam proses perencanaan mesti ada perwakilan anak. Pemerintah daerah wajib menyiapkan program khusus untuk anak,” ungkapnya.

Meisy menilai Kabupaten Maros sebagai salah satu daerah yang patut diapresiasi, kegiatan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak cukup aktip dalam kegiatan pembinaan anak, termasuk telah terbentuk forum anak.

Ditambahkannya, tahun ini, Musrenbang Nasional sudah melibatkan anak melalui Forum Konsultasi Anak Nasional. Forum ini tidak hanya beranggotakan anak-anak sekolah, tapi termasuk anak tidak sekolah, anak yang tinggal di daerah tertinggal, serta anak berkebutuhan khusus. (Ilham)

Tags: Perempuan


Leave a Reply

Kabar Terbaru